2020 Pemkot Serang akan Pasang CCTV di 12 Titik Ruang Publik

Wali Kota dan Wakil Waki Kota Serang saat hadir adi acara PWKS yang digelar di kantor Disdukcapil. (Foto: TitikNOL)
Wali Kota dan Wakil Waki Kota Serang saat hadir adi acara PWKS yang digelar di kantor Disdukcapil. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pemerintah Kota Serang berencana menambah Camera Closed Television (CCTV) pada 2020 mendatang, di 12 titik area ruang publik, seperti taman, pasar dan jalan protokol.

Kepala Diskominfo Kota Serang, Hari W Pamungkas mengatakan, pemasangan CCTV merupakan program pembangunan infrastruktur teknologi dan informasi di Kota Serang.

"Ini adalah pembangunan infrastruktur teknologi dan informasi yang dilakukan dalam rangka mendukung Kota Serang menuju Smart City," kata Hari saat menjadi keynote speaker dalam acara Refleksi Satu Tahun Aje Kendor yang dilaksanakan oleh Pokja Wartawan Kota Serang (PWKS), Sabtu (7/12/2019).

Pemasangan CCTV sudah dilakukan dibeberapa tempat, kata Hari, baik di kantor OPD maupun di kecamatan. Selain itu juga terdapat CCTV di terowongan Trondol yang dalam rangka memantau titik kemacetan.

"Jadi jika ada kemacetan, Dinas Perhubungan (Dishub) dapat segera melakukan tindakan penguraian," katanya.

Ia mengatakan, hal tersebut merupakan tuntutan untuk menjadi Smart City karena sudah memasuki revolusi 4.0 dimana beberapa tahapannya adalah kecerdasan buatan dan menuntut seluruh elemen masyarakat untuk beradaptasi dan menyikapinya.

"Revolusi 4.0 itu menuntut pemda untuk bertransformasi dari era manual menuju era digital untuk menjawab isu strategis yang ada di perkotaan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, Kemacetan, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, SDM adalah isu strategis pembangunan di Kota Serang. Dan dijawab dalam dua misi Aje Kendor yaitu misi kedua dan keempat yang didukung oleh Diskominfo.

"Untuk hal tersebut, telah dibangun infrastruktur internet di seluruh OPD hingga di tingkat kelurahan. Selain itu juga, telah dibentuk 44 aplikasi dalam rangka mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik. Kami ada aplikasi Rabeg dan juga Kota Serang Siaga 112," tegasnya. (Gat/TN1)

Komentar