Ada 8.312 Pekerja Asing Di Banten, Warga Tiongkok Paling Banyak

Ilustrasi investor asing. (Dok:net)
Ilustrasi investor asing. (Dok:net)

CILEGON, TitikNOL - Sebanyak 8.312 orang pekerja asing tersebar di sejumlah industri yang ada di Provinsi Banten. Namun, setelah didata, perkerja asal Tiongkok yang  paling banyak.

Kakanwil Kemenkumham Provinsi Banten Susy Susilawati mengungkapkan, pekerja asing asal Tiongkok di Banten memang cukup mendominasi. Hal itu dikarenakan pekerja asing tersebut sengaja diimpor untuk dipekerjakan di sejumlah industri yang merupakan investor asal Tiongkok.

"Informasi yang kami dapat, banyak pekerja asing asal Tiongkok itu adalah pekerja kasar," ujarnya di Cilegon, Senin ( 18/4/2016).

Dikatakannya, berdasarkan aturan warga asing yang bekerja di Indonesia tidak diperbolehkan untuk menempati posisi pekerja kasar, melainkan hanya diperbolehkan untuk pekerja tenaga ahli.

"Pekerja kasar itu orang kita aja dan tidak perlu orang asing," jelasnya.

Sementara itu ,Kepala  Kantor Imigrasi Serang MT Setiawan membenarkan bahwa ada pekerja asing asal Tiongkok yang bekerja untuk bagian kasar.

"Mereka ini biasanya dibawa langsung oleh yang punya modal untuk mencapai target. Seandainya target pengerjaannya dua bulan  ya harus beres dua bulan. Mereka ini sangat disiplin. Contohnya  istirahat lima menit, ya lima menit. Kalau orang kita tidak bisa begitu. Belum bisa disiplin," terangnya. (Ar/red)

Komentar