Anggaran Dipangkas, Sekjen Menhub: Pelayan Publik Tetap Prioritas

Ilustrasi pemangkasan anggaran. (Dok: Liputan6)Ilustrasi pemangkasan anggaran. (Dok: Liputan6)

JAKARTA, TitikNOL - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugiharjo memastikan meski pihaknya memangkas anggaran di rancangan APBN P 2016 sebesar Rp3,75 triliun tidak akan menurunkan kualitas pelayanan publik.

Pasalnya, anggaran yang dipangkas merupakan belanja modal, pengadaan seminar-seminar dan kunjungan kerja. "Keamanan dan keselamatan, serta pelayanan publik tetap tidak kita potong," tegas Sugiharjo di gedung DPR RI, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Baca juga: Kemenhub Minta Anggaran Dipangkas Rp3,75 T

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignatius Jonan melakukan rapat kerja dengan Komisi V DPR RI pada hari ini (13/6). Dalam raker tersebut, Menhub, mengajukan agar anggarannya di Rancangan APBN Perubahan (RAPBNP) 2016 dihemat sebesar Rp3,75 triliun.

Menurut Jonan, pemangkasan anggaran tersebut lebih difokuskan untuk kegiatan-kegiatan operasional yang dapat defisiensikan. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

"Adapun kami mengajukan kriteria penghematan dari perjalanan dinas dan paket meeting, langganan daya dan jasa, biaya rapat, pembangunan gedung kantor yang kami tunda kecuali pelayanan masyarakat, kendaraan dinas dan anggaran kegiatan yang belum kontrak," ujar Jonan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (13/6/2016). (Bara/dd)

Komentar