Aplikasi Messenger Kids Diluncurkan Facebook untuk Anak-anak, Bedanya Apa Ya?

Messenger Kids. (Dok: thenextweb)
Messenger Kids. (Dok: thenextweb)

TitikNOL - Saat ini perangkat mobile seperti smartphone dan tablet sudah menjadi barang yang sulit lepas dari keseharian kita. Bahkan anak-anak saat ini dapat mengakses smartphone, tablet, serta media sosial tanpa kesulitan. Namun hal tersebut membuat sebagian orang tua khawatir tentang bahaya yang ditimbulkan ketika anak-anak mereka mengakses media sosial.

Meskipun anak-anak saat ini bisa mengakses media sosial, namun bukan berarti para orang tua tidak bisa mengawasi aktivitas online mereka. Hal tersebut yang mendorong Facebook untuk meluncurkan aplikasi baru yang disebut Messenger Kids. Lalu, apa bedanya aplikasi Messenger Kids dengan aplikasi Messenger biasa?

Sesuai namanya, ini adalah Facebook Messenger yang dirancang untuk anak-anak. Menurut Facebook, “Messenger Kids penuh dengan fitur untuk anak-anak agar terhubung dengan orang yang mereka cintai. Setelah akun mereka disiapkan oleh orang tua, anak-anak dapat memulai obrolan video satu lawan satu atau grup dengan kontak yang disetujui orang tua. Layar utama menunjukkan sekilas siapa saja yang disetujui untuk diajak bicara, dan saat kontak itu online.”

Ini berarti anak-anak hanya bisa mengobrol dengan orang-orang yang telah disetujui sebelumnya oleh orang tua mereka. Tentu hal ini untuk menghindari anak-anak berkomunikasi dengan orang asing di internet, meskipun berkomunikasi melalui Messenger tidak langsung membahayakan mereka.

Tak hanya mengutamakan faktor keamanan anak-anak, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur menarik seperti filter, emoji, dan efek suara, serta fitur untuk melakukan video chat. Bagi orang tua yang tertarik untuk memeriksanya dapat mendownload aplikasi tersebutdari iTunes App Store, namun aplikasi preview saat ini hanya tersedia untuk iOS. Selain itu, pengguna harus mengautentikasinya menggunakan akun mereka sendiri, dan perlu dicatat bahwa ini tidak akan menghasilkan akun Facebook terpisah untuk anak.

Berita ini telah tayang di beritateknologi.com, Selasa 5 Desember 2017 dengan judul Facebook Luncurkan Aplikasi Messenger Kids Untuk Anak-Anak, Apa Bedanya?

Komentar