Arus Mudik Lebaran 2023, Pemkot Cilegon Baru Bisa Janji Perbaiki JLS yang Rusak Parah

Rapat persiapan mudik Lebaran 2023 di DPUPR Cilegon. (Foto: TitikNOL)
Rapat persiapan mudik Lebaran 2023 di DPUPR Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon dalam waktu dekat akan memperbaiki Jalan Lingkar Selatan (JLS) yang mengalami kerusakan yang cukup parah.

Perbaikan itu dilakukan guna menghadapi arus mudik Lebaran 2023, sesuai dengan hasil rapat bersama Kakorlantas Polri Irjen Firman Santyabudi di Pelabuhan Merak, Senin (6/3/2023) kemarin.

"Kita harus menyiapkan perihal mengenai JLS, di mana ada dua pelabuhan di Cilegon yaitu Pelabuhan Merak dengan Pelindo yang akan digunakan untuk arus mudik . Kami selaku Pemkot Cilegon tentunya sangat menghormati Kakorlantas kemarin, artinya ini menjadi PR kami," kata Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian usai rapat persiapan mudik Lebaran 2023 di DPUPR Cilegon, Selasa (7/3/2023).

Helldy mengungkapkan, dalam rencana perbaikan JLS itu pihaknya juga akan melibatkan seluruh industri di Kota Cilegon untuk bersama-sama memperbaiki guna kelancaran arus mudik nanti.

"Kami juga akan mengundang hari Senin kepada seluruh industri yang ada di Cilegon agar supaya bahu membahu. Kita tidak mau orang melintas di Cilegon terjadi kecelakaan karena jalan berlubang. Intinya kita akan berupaya semaksimal mungkin agar supaya minimal lewat JLS itu mulus," ujarnya.

Mengingat dalam arus mudik lebaran 2023 sudah dekat , Helldy mengakui bahwa pihaknya tidak akan bisa langsung melakukan perbaikan JLS secara menyeluruh.

"Kalau tidak mampu dua jalur, satu jalur saja dulu, tadi sudah saya sampaikan yang penting pengaturan lalu lintasnya diatur oleh Polres Cilegon," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin mengaku pihaknya belum bisa menyebutkan besaran anggaran untuk perbaikan JLS .

"Nanti kita bagaimana seefisien dan seefektif mungkin ada alokasi pemeliharaan supaya secara operasional dan penggunaan aman untuk masyarakat berkendara," ucapnya.

Namun, yang paling dimungkinkan saat ini, kata Maman, Pemkot Cilegon akan melakukan perbaikan di ruas JLS yang mengalami kerusakan terlebih dahulu. (Ardi/TN3).

Komentar