BLH Lebak Tunggu Hasil Lab Dampak Pembuangan Limbah Clinker di Dermaga Cemindo

Sebuah kapal tongkang saat membuang clinker ke laut di sekitar dermaga milik PT Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. (Foto: Ist)Sebuah kapal tongkang saat membuang clinker ke laut di sekitar dermaga milik PT Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. (Foto: Ist)

LEBAK, TitikNOL – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lebak, sedang menunggu hasil laboratorium mengenai kadar air di sekitar perairan wilayah dermaga khusus milik PT Cemindo Gemilang di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak.

Hal itu menyusul adanya dugaan pembuangan limbah clinker yang dilakukan oleh kapal tongkang yang membawa material utama bahan semen, yang akan disalurkan ke pabrik semen merah putih.

Baca juga: Buang Limbah ke Laut, Aktivis Lingkungan Minta Izin Dermaga Cemindo Dievaluasi

Dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Pencemaran dan Penataan Lingkungan BLH Kabupaten Lebak, Deddi Setyawan, pihaknya saat ini tengah menyusun laporan hasil penelitian di lapangan dan menunggu tembusan dari pihak BLHD Provinsi Banten terkait hasil Uji Lab sampel air laut.

"Kemarin itu tim yang turun ke Bayah dipimpin langsung oleh Kasubid Pengawasan. Saya belum dapat laporan lengkapnya dari Kasubid karena masih sedang disusun laporannya dan menunggu tembusan dari BLHD Provinsi tentang hasil uji lab air laut," ujar Deddi, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (13/8/2016) kemarin.

Baca juga: BLHD: Limbah PT Cemindo Berpotensi Racuni Ikan dan Tumbuhan Laut!

Disinggung apa saja yang dilakukan tim BLH Lebak saat terjun ke lokasi di Dermaga Cemindo, Deddi mengaku belum mendapatkan rincian laporan secara resmi dari jajaran yang turun ke lokasi dermaga.

"Saya belum dapat laporan dari pak Kasubid, tentunya kita tunggu hasil labnya apakah hasilnya memenuhi baku mutu atau tidak," tukasnya.

Baca juga: Awasi Pembuangan Limbah ke Laut, BLHD Banten Turunkan Tim ke Dermaga PT Cemindo

Seperti diketahui, pasca beredarnya kabar mengenai pembuangan limbah clinker (bahan baku semen) ke laut, BLDH Provinsi Banten dan BLH Kabupaten Lebak bersama-sama turun ke lokasi untuk mengetahui dampak dari aktivitas tersebut. (Gun/red)

Komentar