Bukan Rp1,2 Triliun, Ini Angka yang Sudah Dianggarkan Pemprov Banten untuk Covid 19

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti. (Dok: Redaksi24)
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti. (Dok: Redaksi24)
SERANG, TitikNOL – Pemerintah Provinsi Banten menggelontorkan anggaran Rp125 miliar dari APBD 2020 Banten untuk penanganan penyebaran Covind 19 di Provinsi Banten. Jumlah tersebut direalisasikan dalam dua tahap pencairan.

Untuk tahap pertama Rp10 miliar dan tahap kedua Rp115 miliar.
Dikatakan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti, tahap pertama sudah terealisasi seluruhnya. Sementara untuk tahap kedua baru sebagian saja yang sudah terealisasi. Namun Rina tidak merinci berapa rupiah uang yang sudah diserap di tahap ke dua.

“Yang sudah terealisasi dari BTT tahap 1 sebesar 10 M lebih, BTT tahap 2 sebesar 115 miliar. Untuk BTT tahap 2 masih proses dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan,” ujar Rina saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, Kamis (2/4/2020) malam kemarin.

Jumlah tersebut kata Rina, diluar dari bantuan dana CSR yang mencapai Rp8,1 miliar. Adapun keseluruhan anggaran tersebut diserap oleh Dinas Kesehatan Provinsi Banten dan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana penanganan Covid 19.

Sementara ditanya terkait informasi yang berkembang bahwa Pemprov Banten sudah menganggarkan Rp1,2 triliun untuk penanganan Covid 19 dengan cara menggeser anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rina membantahnya. Menurutnya, nilai Rp1,2 triliun itu masih dalam tahap pembahasan.

“Itu masih dalam tahap pembahasan, angkanya terus bergulir seiring dengan kebutuhan dan kondisi yang berkembang. Sumbernya dari mana saja soal pergeseran,biar nanti pimpinan yang menyampaikan langsung,” jelasnya. (TN1)

Komentar