Bupati Lebak Ancam Tutup Toserba yang Melanggar Izin

Ilustrasi Toserba. (Dok: Bisnis)
Ilustrasi Toserba. (Dok: Bisnis)

LEBAK, TitikNOL - Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengancam akan menutup dan melakukan penyegelan kepada sejumlah toko serba ada (Toserba), yang dalam usahanya kedapatan berafiliasi dengan waralaba besar seperti Indomaret dan Alfamart.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Lebak dalam menyikapi pemberitaan media cetak dan online bahwa di kabupaten Lebak, banyak ditemukan Toserba tanpa plang nama yang diduga kuat berafiliasi dengan waralaba besar sehingga mematikan usaha pedagang kecil.

“Misalkan ada struknya, nanti kita akan cek dari situ. Kalau bentuknya waralaba dan struknya bukan toko biasa saya tidak mau. Tapi, bila pertokoan biasa saya izinkan,” ujar Iti kepada wartawan, Jumat (17/6/2016)

Menurut Iti, Pemkab Lebak memberikan izin hanya untuk pertokoan biasa. Bila dalam prakteknya malah berafiliasi dengan waralaba besar, Pemkab Lebak akan melakukan tindakan tegas.

“Kalau struknya diketahui dari waralaba besar, kita akan tindak tegas dengan dilakukan penutupan dan penyegelan,” terang Iti.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Lebak, Rully Edward mengaku siap menjalankan perintah jika Pol PP diminta menutup dan melakukan penyegelan kepada Toserba yang melanggar izin.

“Kita siap jika diperintahkan melakukan penutupan kepada Toserba yang melanggar izin. Nanti kita akan koordinasi dulu dengan pihak BPMPPT,” tegas Rully. (Gun/rif)

Komentar