Bupati Lebak Sebut Prilaku Hidup Warga Suku Adat Baduy Buruk

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi dan penjabat Lebak, saat menggelar jumpa pers disela acara Seba Baduy di Pendopo Bupati Lebak. (Foto:TitikNOL)Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya didampingi Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi dan penjabat Lebak, saat menggelar jumpa pers disela acara Seba Baduy di Pendopo Bupati Lebak. (Foto:TitikNOL)

LEBAK, TitikNOL – Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya meyebut, bahwa prilaku hidup warga suku adat Baduy sangat buruk. Dirinya menyebut, saat ini ada 19 warga Baduy yang terkena penyakit radang kulit yang menyerang sekujur tubuh (Frambusia).

"Diantara penyebabnya seperti mandi tidak pakai sabun atau zat-zat kimia yang dapat membunuh kuman di kulit," kata Iti saat memberikan sambutan dalam acara ritual tahunan Seba Baduy di Pendopo Bupati Lebak, Jumat ((13/5/2016) malam.

Namun demikian Iti mengaku, jika pihaknya tetap menghargai budaya warga suku adat Baduy, yang enggan menggunakan produk kebersihan mengandung kimia dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Iti pun berjanji akan berupaya untuk mengobati ke 19 warga penderita Frambusia itu, untuk menekan penyebaran dan penulurannya kepada keluarga penderita dan warga lainnya di suku adat Baduy.

"Nanti kami akan turunkan tim promosi kesehatan (Promkes) Dinas Kesehatan untuk datang mengobati warga yang terjangkit frambusia, supaya dapat diobati dan sembuh. Sehingga penyebaran dan penularanya kepada keluarga penderita bisa dicegah," pungkas Iti. (Gun/red)

Komentar