Senin, 15 Juli 2024

Bupati Serang: Kita Tingkatkan Kualitas Guru PAUD

SERANG, TitikNOL - Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menekankan tentang peningkatan kualitas guru pendidikan anak usia dini (PAUD) sebagai landasan membangun masa depan Kabupaten Serang. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang membuat program beasiswa dan peningkatan kemampuan mengajar para guru.

“Kita semua tahu bahwa keberadaan guru PAUD sangat amat penting. Karena mereka mendidik anak usia dini, dan kita tahu juga perkembangan kecerdasam 50 persen, sebagian ada di anak usia dini. Kemudian pembentukan karakter tepat pada usia dini ini,” kata Tatu saat menjadi Keynote Speech pada Seminar Pendidikan bagi Kepala Satuan PAUD di Aula Kampus Untirta Sindangsari, Rabu (15/3/2023).

Sekadar diketahui, beasiswa sarjana telah diberikan kepada 371 guru PAUD tahap 1 dan sudah diwisuda. Tahap 2 saat ini, masih ada sekira 368 guru PAUD yang masih proses kuliah. Selain itu, program insentif diberikan kepada 3.076 guru PAUD dengan total anggaran Rp 5,5 miliar.

“Jadi tentu, kita harus memberi pembekalan-pembekalan terhadap para pendidiknya, para gurunya, untuk materi-materi pendidikan, serta peningkatan kualitas pengajaran dengan kuliah sarjana. Dan seminar ini adalah bagian dari peningkatan kualitas guru PAUD. Kegiatan seminar seperti ini, rutin dilakukan. Guru harus tahu pola asuh mendidik anak terkini seperti apa, mereka mendapatkan ilmunya,” ujar Tatu.

Menurut Tatu, Pemkab Serang akan mendorong peningkatan sarana prasarana sekolah PAUD.

“Kami di Dinas Pendidikan dengan anggaran yang terbatas, baru bisa menyelesaikan sedikit lagi perbaikan SD SMP negeri. Setelah ini selesai, tentu kita akan melanjutkan ke ranah PAUD. Intinya urusan pendidikan tidak bisa di-handle oleh pemerintah saja, harus melibatkan pihak swasta,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang, pihaknya terus meningkatkan kualitas guru hingga kepala sekolah. “Untuk guru tentu kegiatannya ada seminar, ada penugasan diklat. Rutin dilakukan pembinaan,” ujarnya.

Pembina Pokja Bunda PAUD Kabupaten Serang Andika Hazrumy menilai, pendidikan PAUD di Kabupaten Serang terus mengalami kemajuan, termasuk dalam perolehan akreditasi.

“Tentu ada kelebihan dan kekurangan yang harus terus diperbaiki. Namun arahnya sudah sejalan dengan kemajuan Kabupaten Serang di masa depan,” ujarnya. (*)

Komentar