Bupati Serang: Pelayanan untuk Masyarakat Lebih Dekat

SERANG, TitikNOL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang memperingati hari ulang tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-51 di halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa (29/11/2022). Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan, aparatur sipil negara (ASN) yang bernaung pada organisasi Korpri harus terus berkomitmen dan melaksanakan pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

Pada kesempatan upacara, Bupati Serang membacakan pidato Presiden Joko Widodo terkait pesan-pesan untuk para pegawai Republik Indonesia. Di antaranya, soal peningkatan kinerja, pelayanan kepada masyarakat, hingga digitalisasi birokrasi.

Tatu menegaskan, di tengah perkembangan dan tuntutan masyarakat yang tinggi terhadap pemerintah, maka pelayanan yang diberikan harus semakin dekat. Maka Pemkab Serang membuat berbagai kebijakan dalam proses pencepatan dan pendekatan pelayanan.

Salah satu contoh, untuk mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan, Pemkab Serang mendirikan unit pelayanan teknis (UPT) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di tingkat kecamatan. Kemudian tahun depan, akan dibangun Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kecamatan Cikande.

"Seperti di Disdukcapil, kita sudah punya UPT di kecamatan, jadi masyarakat tidak harus ke kantor Dukcapil, kemudian juga tahun depan kita akan membentuk MPP, jadi semua pelayanan terpusat di situ," ujar Tatu kepada para wartawan.

Kemudian, pihaknya juga terus melakukan pembenahan sistem birokrasi. Salah satunya dengan menerapkan sistem digitalisasi secara bertahap. Digitalisasi ini sejalan dengan sistem pelayanan berbasiswa elektronik (SPBE) yang dijalankan oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistis (Dikominfosatik).

"Kita terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Diskominfo membuat sistem pemerintahan berbasis elektronik untuk dijadikan motor penggerak baru dalam pembangunan,” ujarnya

Ketua Korpri Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, melalui HUT Korpri ini pihaknya mengajak kepada seluruh pegawai untuk meningkatkan kinerjanya.

"Kita sebagai pemersatu bangsa, sebagai abdi negara, harus melaksanakan tugas sesuai dengan kode etik," ujarnya.

Ia juga mengatakan, pada peringatan HUT Korpri ini juga pihaknya mengundang penceramah kondang Ustad Adi Hidayat (UAH). Supaya para pegawai mendapatkan tausiyah untuk memantapkan peran dan fungsinya sebagai abdi negara. (TN)

Komentar