Dinkes Banten Edukasi Kesehatan Para Pengungsi Tsunami Pandeglang

Salah satu pegawai Dinkes Banten saat melakukan edukasi kesehatan ke sejumlah pengungsi korban tsunami Pandeglang. (Foto)Salah satu pegawai Dinkes Banten saat melakukan edukasi kesehatan ke sejumlah pengungsi korban tsunami Pandeglang. (Foto)

PANDEGLANG, TitikNOL - Untuk menjaga lingkungan pengungsian korban tsunami di sejumlah lokasi di Pandeglang terjaga kebersihannya, jajaran Dinas Kesehatan Provinsi Banten melakukan edukasi kesehatan di sejumlah titik lokasi pengungsian, Sabtu (29/12/2018).

Adapun beberapa titik yang menjadi lokasi edukasi Dinkes Banten yakni di Desa Taman Jaya, Desa Ujung Jaya dan Desa Tangkil Sari, Kecamatan Sumur.

Dalam kegiatan tersebut, para petugas dari Dinkes Banten bertemu dengan ratusan pengungsi yang terdiri dari orang tua dan anak-anaknya dan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan pengungsian.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten DR M Yusuf mengatakan, edukasi sangat penting dilakukan kepada para pengungsi, agar terciptanya lingkungan pengungsian yang sehat.

"Pentingnya menjaga kesehatan di lingkungan pengungsian, membuat kami berinisiatif untuk melakukan edukasi kesehatan. Saat ini sudah tiga titik lokasi pengungsian yang sudah diedukasi," ujar Kadinkes Banten di lokasi pengungsian.

Adapun beberapa hal yang disampaikan dalam edukasi itu kata Kadinkes ada lima poin. Yakni agar para pengungsi membiasakan mencuci tangan sebelum makan, melakukan aktivitas buang air di jamban yang sudah disediakan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Kemudian, tidak merokok di lokasi pengungsian dan memanfaatkan pos-pos kesehatan yang tersedia untuk mendapatkan penanganan kesehatan.

"Terakhir, bagi ibu-ibu yang memiliki bayi yang masih mendapatkan ASI (Air Susu Ibu, red), agar selalu memberikan ASI kepada bayinya. Hal itu demi menjaga kesehatan bayinya," tukas Kadinkes.

Kadinkes pun berharap, kondisi musibah yang menimpa sejumlah wilayah di Pandeglang, tidak membuat warga lupa dalam menjaga kesehatan. Hal itu menurutnya sangat penting, agar terhindar dari penyakit lainnya selama tinggal di pengungsian.

Seperti diketahui, edukasi kesehatan yang dilakukan Dinkes Banten rencananya tidak hanya dilakukan di tiga lokasi saja, melainkan di sejumlah lokasi lainnya dengan melibatkan sejumlah pegawai dari Dinkes Banten. (red)

Komentar