Kamis, 25 Juli 2024

DP3AKB Kota Serang Mencatat Kejahatan Kekerasan Pada Anak Dilakukan Orang Dekat

Kepala DP3AKB Kota Serang Anthon Gunawan. (Foto: TitikNOL)
Kepala DP3AKB Kota Serang Anthon Gunawan. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang mencatat dari 64 kasus kekerasan seksual kepada anak selama 2023, dilakukan oleh orang terdekat.

Menurut, kepala DP3AKB Kota Serang Anthon Gunawan rata-rata pelakunya merupakan orang-orang terdekat atau keluarga korban, seperti ayah kandung, paman hingga tetangga.

“Rata-rata 90 persen orang dekat dan kalau pun orang jauh diakibatkan oleh media sosial," kata Anthon kepada wartawan 5 Januari 2023.

Meski jumlah kasus selama tahun 2023 yang di tangani oleh DP3AKB Kota Serang telah mengalami penurunan dibandingkan tahun 2022 ada sekitar 67 kasus. Pihaknya tetap gencar melakukan sosialisasi.

“Upaya pencegahan kami telah melibatkan masyarakat dan PATBM di tiap Kelurahan. Namun, masih mengalami kekurangan anggaran, pihaknya belum bisa memasifkan pencegahan langsung di masyarakat,” lanjutnya.

Meskipun upaya pencegahan tanpa berbasis anggaran, pihaknya selalu mengadakan kegiatan sosialisasi di setiap sekolah-sekolah yang ada di Kota Serang.

"Itu sudah kita laksanakan, karena korbannya sudah banyaknya anak-anak. Makanya kita menulusiri sekolah. Itu upaya-upaya yang sudah kita lakukan di luar daripada kerjasama yang sudah di lakukan,"pungkasnya. (TN)

Komentar