DPRD Banten Usulkan Pembebasan Lahan Diserahkan ke Kabupaten/Kota

Ilustrasi pembebasan lahan jalan. (Dok:net)Ilustrasi pembebasan lahan jalan. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL - DPRD Banten menyarankan agar Pemprov Banten mengalokasikan bantuan keuangan ke Kabupaten/Kota, untuk kegiatan pembebasan lahan‎ pembangunan infrastruktur jalan.

Hal tersebut dilakukan, agar Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) fokus pada pembangunan fisik jalan.

"Untuk mengatasi masalah pekerjaan pembebasan lahan yang berada di DBMTR, kami merekomendasikan konsep penganggaran untuk pengadaan lahan sebaiknya dialihkan kepada Bantuan Keuangan Kabupaten/Kota‎," ujar Anggota Komisi III DPRD Banten yang juga Ketua Pansus LKPj 2015, Encop Sopia, Rabu (25/5/2016).

Encop mengatakan, rekomendasi tersebut sudah disampaikan dalam paripurna kemarin. Hal itu juga merupakan keinginan DBMTR pada saat uji petik beberapa waktu lalu.

"Beban kerja DBMTR saat ini cukup berat dan harus fokus kepada pembangunan fisik (infrasutruktur). Tahun lalu‎ permasalahan pengadaan lahan yang dilakukan DBMTR itu hanya terserap 50,63 persen," katanya.

Kepala DBMTR Hadi Soeryadi sebelumnya mengusulkan agar anggaran untuk pembebasan lahan dialihkan kebantuan keuangan kabupaten/kota.

"Karena lahan itu berada di kabupaten/kota, jadi lebih baik untuk urusan pembebasan lahan di mereka," kata Hadi. (Kuk/red)

Komentar