DRD: Sebaiknya Kepala Perpustakaan Banten Seorang Pustakawan

Ilustrasi DRD. (Dok:net)
Ilustrasi DRD. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL - Posisi Andi Fatmawati sebagai Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Banten, disinggung Dewan Riset Daerah (DRD) Banten. Menurut Sekretaris DRD, Firman Hadiansyah, sebaiknya Kepala BPAD Banten dipimpin pustakawan.

"Sesuai Undang-Undang 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, akan jauh lebih baik kalau kepala perpustakaan itu the right man in the right place," kata Firman, dalam acara workshop dalam acara roadshow perpustakaan, di BPAD Banten, Kamis (19/5/2016).

Hadir dalam workshop tersebut Gubernur Banten, Rano Karno dan Plt Kepala Perpusnas Dedi Junaedi.

Menurut Firman, akan jauh lebih menarik ketika pustakawan yang memimpin kepala perpustakaan, supaya memahami betul persoalan di perpustakaan. Ia sempat menyindir Kepala BPAD Andi Fatmawati yang juga menjadi pembicara dalam workshop.

"Kalau ibu kan dokter, mungkin lebih cocoknya di Dinkes," ucap Firman.

Sementara Kepala BPAD, Andi Fatmawati menanggapi komentar Firman di forum tersebut. Menurutnya, tidak jadi masalah jika kepala perpustakaan dipimpin selain pustakawan.

"Memang saya dokter gigi, tapi untuk menjadi kepala perpustakaan tidak harus pustakawan. Karena di sini juga kami punya pustawakan yang membantu kami. Dan saya di sini juga sambil belajar, baca buku," jelasnya. (Kuk/red)

Komentar