Selasa, 25 Juni 2024

duh! Tingkat Kepuasan Warga Terhadap Kinerja Pj Gubernur Banten Rendah

IPRC saat merilis hasil survei kepuasan kinerja pada Pj Gubernur Banten Al Muktabar. (Foto: TitikNOL)
IPRC saat merilis hasil survei kepuasan kinerja pada Pj Gubernur Banten Al Muktabar. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Tingkat kepuasan warga terhadap Al Muktabar sebagai Pj Gubernur Banten masih rendah.

Hal itu terpantau dari hasil survei yang dilakukan Indonesian Politics Research & Consulting (IPRC) pada periode 3 sampai 10 Oktober 2023.

Berdasarkan hasil responden terhadap 1.220 warga dengan margin of error 2,87 persen, kepuasan terhadap kinerja Pj Gubernur Banten Al Muktabar hanya 29,5 persen.

Dari tabel yang diperlihatkan, ada 1,4 persen yang menjawab sangat puas. Kemudian cukup puas 28,1 persen, kurang puas 21,3 persen, tidak puas sama sekali 7,1. Sedangkan yang tidak tahu atau tidak jawab 42,1 persen.

"Tingkat kepuasan terhadap Al Muktabar 29,5 persen. Ini sangat rendah," kata Direktur Operasional dan Data IPRC, Tedy Nurzaman, Kamis (16/11/2023).

Tedy menerangkan, sejauh ini Al Muktabar belum memiliki kebijakan yang populis selama kepemimpinanya.

Mengingat, keberhasilan dalam menjalankan kebijakan yang populer sangat berpengaruh pada tingkat elektabilitas terhadap sosok pemimpin.

"Masyarakat masih menilai Al Muktabar belum memberikan dobrakan, kebijakan populer yang bisa meningkatkan popularitas beliau sebagai Pj gubernur," terangnya.

Ia menjelaskan, faktor lain yang menyebabkan masyarakat banyak yang belum mengenal Al, lantaran keterpilihannya sebagai Pj Gubernur Banten tidak melalui Pemilu.

"Al Muktabar menjadi gubernur tidak melewati proses Pemilu. Tentunya tidak dirayakan, tingkat pengenalan rendah," jelasnya. (Son/TN3)

Komentar