H-2 Cuti Kepala Daerah, SK Pjs dari Kemendagri Belum Keluar

Ilustrasi. (Dok: Riau)
Ilustrasi. (Dok: Riau)

SERANG, TitikNOL - Dua hari jelang pemberlakukan cuti untuk kepala daerah yang mengikuti kontestasi Pilkada serentak tahun 2020, SK penunjukan Pjs yang diusulkan Pemprov Banten belum keluar dari Kemendagri.

Padahal, enam nama yang menjadi rekomendasi Gubernur Banten Wahidin Halim telah diusulkan sejak tanggal 14 September 2020.

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Gunawan Rusminto mengatakan, hingga kini belum ada SK pengesahan penunjukan untuk menjadi PJS di Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang.

"SK nya belum keluar Om," katanya melalui pesan singkat kepada TitikNOL, Kamis (24/9/2020).

Ia mengaku selalu melakukan koordinasi dengan pihak Kemendagri setiap pagi dan sore. Hal itu dilakukan untuk memastikan restu penunjukan oleg PJS oleh Kemendagri. Agar, dua daerah tidak terjadi kekosongan jabatan.

"Sudah (komunikasi), bahkan setiap hari, di pagi dan sore memantau progresnya. Kalau tahun sebelumnya kita standby di Kemendagri. Karena adanya pandemi covid-19, kami bisa memantau lewat WA dan telpon saja," terangnya.

Baca juga: Ini Nama Kadis dan Kaban yang Diprediksi Jadi PJS Bupati Serang dan Pandeglang

Jika hingga tenggat waktu yang ditentukan belum turun SK dari Kemendagri, maka akan ada SK dati Gubernur Banten tentang penunjukan Sekda di masing-masing daerah untuk menjadi Pelaksana Harian (PLH) Bupati.

Menurutnya, SK penunjukan PLH dari Gubernur itu berkekuatan tetap hingga turunnya SK PJS dari Kemendagri.

"Akan ada SK dari Gubernur Banten tentang penunjukan Sekda Kabupaten menjadi PLH Bupati sampai dengan keluarnya SK PJS Bupati. Sampai SK Pjs Bupati turun dari Mendagri," jelasnya. (Son/TN1)

Komentar