Hah! Proyek di Dindik Banten Senilai Ratusan Juta Disebut Fiktif?

Ilustrasi Proyek Fiktif. (Dok:net)
Ilustrasi Proyek Fiktif. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL – Ada kabar mengejutkan di Balai Pelayanan Pendidikan Non Formal (BPPNF) Provinsi Banten. Kegiatan bernilai ratusan juta rupiah yang dikelola oleh balai yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Banten itu diduga fiktif alias tidak dikerjakan.

Dikatakan Farizal, selaku aktivis Aliansi Banten Pancanegara (ABP), beberapa kegiatan diduga fiktif senilai ratusan juta rupiah yang ada di BPPNF, salah satunya terjadi dalam kegiatan pembuatan taman dan pengadaan tanaman hias, yang ada di kantor BPPNF Banten.

Dirinya menyebut, kegiatan senilai Rp196 juta dan bersumber dari APBD 2015 Provinsi Banten itu tidak dikerjakan oleh pihak balai, kendati anggarannya terserap 100 persen. Dugaan fiktif yang disebutnya setelah dilakukan penelusuran ke kantor balai.

“Kami sudah kroscek ke lokasi kegiatan dan setelah kami lihat, tidak ada satupun item kegiatan di lokasi taman yang ada di kantor balai BPPNF,” ujar pria yang akrab disapa Rizal ini kepada TitikNOL, Senin (30/5/2016).

Baca juga: Aktivis Pertanyakan Anggaran Rp5 M di BPPNF Dindik Banten

Akibat dari dugaan fiktif dalam kegiatan tersebut, Rizal mengatakan jika negara telah dirugikan Rp196 juta, akibat kelakuan dari oknum yang ada di BPPNF Banten.

Rizal pun berharap, informasi yang disampaikannya ini akan ditindak lanjuti oleh aparat hukum, sehingga pihak-pihak yang diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum bisa ditindak setegas-tegasnya.

Terkait hal ini, wartawan belum mendapatkan konfirmasi dari BPPNF dan Dinas Pendidikan Provinsi Banten. (Red)

Komentar