Hari Ini, Rano Rombak Pejabat Esselon III dan IV

Ilustrasi rotasi jabatan. (Dok: harapanrakyat)
Ilustrasi rotasi jabatan. (Dok: harapanrakyat)

SERANG, TitikNOL - Gubernur Banten Rano Karno akhirnya mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahtjo Kumolo untuk merotasi atau mutasi pejabat pada rentang waktu 6 bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai akhir masa jabatan. Rano pun rencananya akan merombak sebagian pejabat eselon II, III, dan IV pada Kamis (22/9/2016) sore ini.

Diperoleh informasi bahwa perombakan besar-besaran terjadi di tingkat esselon III dan IV. Sementara dari esselon II hanya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) yang akan dilantik. Dari esselon III sebanyak 30 orang, dan 70 orang dari esselon IV.

Informasi dari Biro Humas Pemprov Banten, pelantikan diagendakan pukul 14.30 WIB bertempat di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Kota Serang.

Sekda Banten Ranta Soeharta membenarkan adanya pelantikan tersebut. Ia menjelaskan bahwa rotasi pejabat dilakukan untuk mengisi jabatan-jabatan yang kosong.

"Pelantikan biasa, tidak ada promosi jabatan, hanya mengisi kekosongan," kata Ranta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pejabat esselon II yang akan dilantik hanya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Namun, Ranta masih merahasiakan identitas pejabat hasil open bidding tersebut.

"Memang hanya satu itu doang," singkatnya.

Diketahui, perombakan pejabat ini sebelumnya sudah direncanakan Gubernur Banten Rano Karno pada pertengahan 2016. Di saat bersamaan kala itu juga telah rampung seleksi jabatan Kadisnakertrans hasil open bidding.

Namun, adanya Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, membuat pemprov harus meminta persetujuan Mendagri Tjahtjo Kumolo terlebih dahulu. (Kuk/Quy)

Komentar