Hasil Pemeriksaan KSOP Banten, 4 Kapal Rusak 17 Belum Diperiksa

Hasil Pemeriksaan KSOP Banten, 4 Kapal Rusak 17 Belum Diperiksa. (Dok: TitikNOL)Hasil Pemeriksaan KSOP Banten, 4 Kapal Rusak 17 Belum Diperiksa. (Dok: TitikNOL)

MERAK,TitikNOL - Dari 69 kapal yang ada di lintasan Merak - Bakauheni, baru 48 kapal yang sudah dilakukan ramp check oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan.

"Yang sudah kita lakukan ramp check itu baru 48 kapal, terus ada 17 kapal yang belum dilakukan ramp check sama sekali karena masih dalam proses docking, kemudian 4 kapal lainnya dipastikan tidak bisa dioperasikan karena dalam kondisi rusak," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Banten Yefri Meidison, di Pelabuhan Merak, Senin (14/5/2018).

"48 kapal yang sudah kita ramp check itu 98 persen sudah baik semua, tinggal 2 persen yang ada kendala dan harus lengkapi," lanjutnya.

Dari 48 kapal yang sudah dilakukan ramp check itu lanjut Yefri, terdapat beberapa alat keselamatan kapal yang harus diperbaiki.

"Hasil dari ramp check yang kita lakukan ada beberapa kapal yang tekanan udara alat pemadam kebakaran yang kurang, mungkin ada yang bocor, makanya kita minta perusahaan pelayaran untuk segera memperbaiki. Nah kalau untuk mesin dan yang lain-lainnya sudah baik semua," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, ramp check semua kapal yang ada di Penyeberangan Merak - Bakauheni dilakukan untuk memastikan apakah kapal yang nanti digunakan untuk angkutan Lebaran 2018 laik jalan atau tidak. (Ardi/TN1).

Komentar