Hasil Survey, Wahidin Halim Dianggap Berhasil di Separuh Masa Jabatannya

Konferensi Pers dan diskusi Survei kinerja Gubernur Banten Wahidin Halim. (Foto: TitikNOL)
Konferensi Pers dan diskusi Survei kinerja Gubernur Banten Wahidin Halim. (Foto: TitikNOL)

TANGSEL, TitikNOL - Lembaga survey Visi Research and Consulting (VISI) menilai, kinerja Gubernur Banten Wahidin Halim berhasil di pertengahan masa jabatannya periode 2017-2022.

Dalam surveinya, VISI menemukan tingkat kepuasan ada pada bidang keamanan, politik, pelayanan publik, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

Survey tersebut dilakukan VISI pada 27 November-6 Desember 2019, dengan melibatkan 1200 koresponden yang tersebar di empat Kabupaten dan empat kota di Banten.

Dalam melakukan survey, VISI menggunakan metode multistage random sampling, dengan toleransi kesalahan (margin of error) 2,8 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur VISI, Ali Irfani menyampaikan, dalam temuan VISI bahwa Wahidin Halim jika mencalonkan kembali pada Pilkada mendatang sebagai Gubernur Banten dipilih secara spontan (top of mind) sebesar 34,3 persen.

"Angka ini jauh meninggalkan mantan rivalnya, Rano Karno yang dipilih secara spontan sebesar 8 persen. Wahidin Halim bahkan jauh meninggalkan nama-nama beken seperti Airin Rachmi Diany (3%), Andika Hazrumi (2,8%), dan Iti Jayabaya (2,8%)," terang Ali Irfani.

Dengan begitu, kata Ali, tingginya elektabilitas spontan Wahidin Halim ini terjaga secara konsisten pada simulasi elektabilitias dengan menyodorkan beberapa nama calon gubernur.

Pada simulasi terbuka, lanjut dia, sebanyak 13 nama calon Gubenur Banten, Wahidin Halim tetap mendominasi calon lainya (33,3%), Rano Karno (16,1%), Ahmad Zaki Iskandar (6,4%), Airin Rahmi Diany (5,8%), Andika Hazrumi (5,1%), dan beberapa nama penting lainnya. (Don/TN1)

Komentar