Ini Catatan MenPAN RB untuk BPK

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi.

JAKARTA, TitikNOL - MenPAN RB Yuddy Chrisnandi meminta agar Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) tidak hanya fokus terhadap memeriksa laporan keuangan saja tetapi harus menjadikan bangsa Indonesia unggul.

Yudi menjelaskan arti bangsa yang unggul adalah bangsa yang tidak korupsi dan disiplin dalam menggunakan anggaran sehingga dapat memperkuat visi dan misi pemerintah.

''Saya berharap naik kelas pemeriksaannya, jadi bukan hanya sekedar memeriksa laporan keuangan dan tidak membuat disclaimer, lalu wajar dengan pengecualian dan wajar tanpa pengecualian. Jadi bukan predikat itu yang harus dikejar,'' ujar Yuddy saat menghadiri HUT BPK RI ke-69, Jakarta, Selasa (19/1/2016).

Lanjutnya, BPK juga harus mengambil langkah berani dalam mengumumkan instansi pemerintah yang tidak displin dalam penggunaan anggaran. ''Pemerintah saja berani mengumumkan kinerjanya,'' ungkap Yuddy.

Yuddy menambahkan, rekomendasi yang di berikan oleh BPK kepada instansi pemerintah tidak jelas setelah pemeriksaan. Lalu, komunikasi yang dibangun juga kurang baik. "Survei yang dilakukan oleh kami. Pertama,  tidak jelasnya rekomendasi yang diberikan BPK. Lalu, proses komunikasi yang tidak selalu baik. Karena ada jarak waktu pembicaraan selama pemeriksaan," tambahnya. (Bar/Red)

Komentar