Ini Jumlah Kasus Kekerasaan Pada Anak di Kota Serang Selama 2023

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang Anthon Gunawan
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang Anthon Gunawan

SERANG, TitikNOL - Jumlah kasus kekerasan pada anak di wilayah Kota Serang selama 2023 mencapai 64 kasus. Angka itu menurun dibanding 2022 yang mencapai 67 kasus.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Serang Anthon Gunawan mengatakan Dari 64 kasus, ada 5 orang laki-laki yang menjadi korban kekerasan seksual.

Dimana rentang usia yang menjadi korban mulai dari usia balita hingga usia sekolah menengah atas (SMA).

"Kalau kekerasan yang di tangani itu kekerasan seksual yang di bawah umur, karena kalau yang di atas usia dewasa berbeda penangananya. Tapi kalau kekerasannya kita proses juga," kata Anthon kepada wartawan 5 Januari 2023.

Dua wilayah yang menjadi catatan terbanyak kasus selama 2023 diantaranya ada di Kecamatan Serang dengan 15 kasus, sementara yang kedua di wilayah Kecamatan Cipocok Jaya dengan 6 kasus.

"Kalau daerah lainya rata-rata ada yang empat ada yang dua kasus, tapi yang paling dominan Kecamatan Serang dan Kecamatan Cipocok Jaya," lanjutnya.

Menurut analisa pihak DP3AKB Kota Serang, banyak faktor penyebab terjadinya kejahatan kekerasan seksual kepada anak.

“Kalau penyebabnya kita masih menduga-duga, karena banyak faktor dari mulai kebiasaan dari orang-orang tersebut muncul melalui media sosial dan konten-konten dewasa," pungkasnya. (TN)

Komentar