Ini Kriteria Sekda yang Diinginkan Wali Kota Cilegon

Wali Kota Cilegon, Tb Iman Ariyadi. (Dok: TitikNOL)
Wali Kota Cilegon, Tb Iman Ariyadi. (Dok: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Wali Kota Cilegon Tb Iman Ariyadi meminta tim panitia seleksi (pansel) sekda Pemkot Cilegon untuk menjalankan seleksi sesuai prosedur. Namun begitu, ia mengutarakan sejumlah kriteria sekda yang diinginkannya.

Kriteria pertama yang diinginkan Iman tidak lain aspek leadership atau kepemimpinan. Ia menginginkan sekda yang masuk rekomendasi tim pansel memiliki kemampuan untuk mengkoordinasikan seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Cilegon.

"Sekda yang terpilih harus bisa menjadi pemimpin di birokrasi. Ini adalah hal terpenting yang harus dimiliki seorang sekda di Pemkot Cilegon," ujarnya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Fauzi Sanusi Jadi Ketua Tim Pansel Sekda Cilegon

Kriteria sekda berikutnya yang diinginkan Iman adalah mampu merancang APBD. Sebab menurut Iman, APBD tidak lain adalah dapur Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

"Ketua TAPD itu kan sekda, jadi orang yang direkomendasikan tim pansel harus paham cara merancang APBD," tuturnya.

Ia pun meminta sekda yang direkomendasikan memahami Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dimana sekda bisa memahami mana rencana berskala prioritas dan mana tidak.

"Itulah kriteria-kriteria yang sudah saya sampaikan. Saya tidak akan melakukan intervensi sedikit pun. Saya kira calon sekda hasil rekomendasi tim pansel akan memiliki kualitas lebih baik," terangnya. (quy)

Komentar