Ini Lima Kabupaten Kota di Banten yang Dapat Uang Insentif dari Kemenkeu

Ilustrasi. (Dok: net)
Ilustrasi. (Dok: net)

SERANG, TitikNOL - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia, memberikan uang insentif miliar rupiah ke lima daerah di Banten.

Kelima daerah tersebut yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Penyerahan tersebut langsung diberikan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim kepada masing-masing kepala daerah, dalam rapat evaluasi kinerja pembangunan provinsi Banten tahun anggaran 2017, di pendopo Gubernur Banten, Rabu (20/12/2017).

Adapun rinciam bantuan keuangan yang diberikan yakni Kabupaten Lebak mendapatkan insentif Rp25 miliar, Kabupaten Serang Rp34 miliar, Kabupaten Tangerang Rp17 miliar, Kota Tangerang Rp35 miliar dan Kota Tangsel Rp35 miliar.

Dikatakan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten Hudaya Latuconsina, pemberian insentif tersebut diberikan kepada daerah yang berprestasi.

"Insentif Itu artinya dana yang diberikan karena prestasi, diberikan ke lima daerah itu dari pemerintah pusat," kata Hudaya.

Kelima daerah yang mendapatkan insentif karena dinilai telah berprestasi baik di bidang pengelolaan keuangan maupun tata kelola pemerintahannya.

"Banyak hal, karena pengelolaan keuangan baik, WTP terus menerus misalnya. Kemudian yang memang ada kontribusi yang ke nasional," ungkapnya.

Insentif tersebut pun nantinya untuk pengelolaannya akan diserahkan ke pemerintah Kabupaten/Kota dalam penggunaannya.

"Pengelolaan keuangan ya diserahkan ke pemerintah daerah, mau dialokasikan apapun," lanjutnya.

Adapun tiga daerah lainnya yang tidak mendapatkan insentif, Hudaya mengatakan lantaran tidak kreatif.

"Tidak kreatif dan didorong untuk kreatif," tegasnya. (Gat/red)

Komentar