Ini Nama Kadis dan Kaban yang Diprediksi Jadi PJS Bupati Serang dan Pandeglang

Ilustrasi. (Dok: Riau1)
Ilustrasi. (Dok: Riau1)

SERANG, TitikNOL – Menghadapi pesta demokrasi di Pilkada serentak tahun 2020, sudah dipastikan bakal ada kekosongan kepala daerah. Hal itu disebabkan karena sang petahana mengikuti kontestasi politik untuk mempertahankan jabatannya.

Di Banten sendiri, ada dua kepala daerah yang menjadi peserta Pemilu jadi pasangan calon. Di antaranya, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Bupati Pandeglang Irna Narulita.

Saat dikonfirmasi terkait kekosongan jabatan itu, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Banten Gunawan Rusminto mengaku telah menyerahkan surat usulan Pejabat Sementara (Pjs) atas rekomendasi Gubernur Banten Wahidin Halim kepada Kemendagri.

Berdasarkan kisi-kisi yang diberikan kepada TitikNOL, nama yang diajukan untuk menjadi Pjs di Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang, yaitu 4 Kepala Biro, 1 Kadis dan 1 Kaban.

Untuk dari kalangan Kepala Dinas dan Kepala Badan di lingkungan Pemprov Banten, kata Gunawan, sosok figur yang diajukan pernah menjadi Pjs di salah satu Kabupaten atau Kota. Rekam jejak itu sebagai penilaian untuk menjalankan roda pemerintahan. Ditambah, kondisi saat ini yang harus melawan pandemi covid-19.

“Bisa jadi pejabat yang menjadi Pjs di Kabupaten, Kota. Ada 4 kepala biro, 1 kepala dinas dan 1 kepala badan. Masing-masing kabupaten 3 nama,” katanya.

Berbekal dari kisi-kisi itu, TitikNOL melakukan penelusuran rekam jejak dari nama-nama kepala dinas dan kepala badan yang pernah jadi Pjs. Hasilnya, ada 4 nama yang didapatkan. Dua diantaranya dari kepala dinas dan dua lagi dari kepala badan.

Dari kalangan kepala dinas, ditemukan nama Kepala Dindikbud Banten M. Yusuf. Dia pernah menjabat Pjs Wali Kota Tangerang dan dilantik pada tanggal 12 Februari 2018 oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.
Kemudian, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten Suyitno. Dia pernah jadi Pjs Wali Kota Cilegon pada masa kepemimpinan Gubernur Banten Rano Karno dan dilantik pada tanggal 20 Juli 2015.

Jika dari kalangan Kepala Badan, ditemukan nama Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Komarudin. Dia pernah menjabat jadi Pjs Kabupaten Tangerang dan dilantik pada tanggal 6 April 2018 oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.

Selain itu, ada juga Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ade Ariyanto. Dia pernah menjabat Pjs Wali Kota Serang dan dilantik pada tanggal 5 September 2018 oleh Gubernur Banten Wahidin Halim. Disisi lain, Ade juga pernah menjadi Camat Baros di Kabupaten Serang pada tahun 2001. (Son/TN1)

Komentar