Jokowi Perintahkan Menkeu Bantu Pengembangan Buah di Banten

Presiden RI, Joko Widodo. (Dok: eksplorasi)Presiden RI, Joko Widodo. (Dok: eksplorasi)

JAKARTA, TitikNOL - Presiden Joko Widodo meminta kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Sumarno, untuk membantu Provinsi Banten dalam mengembangkan pertanian holtikultura.

Pasalnya, potensi Banten dianggap sangat bagus untuk dikembangkan pertanian buah-buahan. Apalagi jarak antara Banten dengan Ibukota yang berdekatan, dianggap potensial untuk membantu suplai kebutuhan buah nasional.

“Pada saat Pak Presiden Joko Widodo mampir ke stand Banten, Beliau bertanya soal lahan pertanian buah di Banten. Presiden memerintahkan ke Menteri BUMN bu Rini untuk membantu Banten. Lahan untuk pertanian buah di Banten masih kurang, padahal potensinya sangat luar biasa bahkan buah Melon Golden misalnya sudah di ekspor ke luar negeri,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten Agus M Tauhid, usai menghadiri acara festival buah Nusantara di Jakarta, Kamis, (17/11/2016).

Apalagi, lanjutnya, Banten merupakan daerah yang memiliki potensi beberapa jenis buah lokal unggulan. “Buah yang menjadi ikon Banten yakni Sawo, Manggis, Durian, hingga Melon Golden. Karena dari hasil produksi pertanian Banten ada juga yang sudah diekspor ke beberapa negara,” sambung Agus.

Namun begitu Agus menjelaskan, untuk saaat ini Banten belum memiliki sentra khusus untuk pengembangan beberapa jenis buah tersebut. Oleh sebab itu, melalui kerjasama dengan BUMN nanti diharapkan terciptanya sentra pertanian buah yang bisa menjadi andalan Banten.

Sementara itu, Asda II Pemprov Banten Eneng Nurcahyati menambahkan, Pemprov Banten akan mendukung upaya Distanak untuk menyiapkan sentra buah-buahan asli Banten. Karena Banten memiliki beberapa jenis buah yang potensial untuk dikembangkan.

“Pada intinya kami mendukung rencana pengembangan buah-buahan dari seperti melon golden. Karena buah ini terbukti mempunyai keunggulan,” kata Eneng. (Meghat/Rif)

Komentar