Jokowi Resmikan Bank Wakaf Mikro di Ponpes An Nawawi

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat berinteraksi dengan Masyarakat. (Foto: TitikNOL)Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat berinteraksi dengan Masyarakat. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, resmikan program Lembaga Keuangan Mikro Syariah Berupa Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Rabu (14/3/2018).

Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi oleh Pengasuh Ponpes An Nawawi yang merupakan Ketua MUI Profesor KH Maaruf Amin dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso.

Jokowi yang tiba sekitar pukul 10.00 WIB langsung menemui para nasabah Bank Wakaf Mikro An-Nawawi yang sebagian besar ibu rumah tangga, yang telah memiliki usaha kecil setelah mendapatkan pinjaman dari bank.

“Ini kan sudah dapat pinjaman digunakan untuk yang lebih produktif lagi, karena kan angsurannya Cuma Rp26 ribu perminggu tanpa bunga. Hanya ada biaya administrasi aja, jadi ibu ibu sudah pada buka sembako,” kata Jokowi saat berinteraksi dengan para nasabah.

Presiden juga berpesan kepada para nasabah, agar menggunakan modal dari pinjaman bank untuk hal hal yang produktif, seperti digunakan untuk usaha sembako maupun lainnya. Pasalnya, tidak hanya angsuran terjangkau para nasabah juga tidak akan dikenakan bunga.

”Dana yang dikenakan kepada para nasabah merupakan biaya administrasi sebesar 3 persen pertahun saja," lanjutnya.

Sementara itu, pengasuh pondok pesantren An Nawawi Tanara Kyai Haji Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengapresiasi langkah presiden yang merangkul pondok pesantren dalam membangun ekonomi dari masyarakat bawah.

“Presiden telah membentuk arus ekonomi baru yang dimulai dari lapisan masyarakat bawah, jadi perkembangan ekonomi memang harus dimulai dari bawah tersu keatas, tidak lagi dari atas ke bawah,” tukasnya. (Gat/TN1)

TAG jokowi
Komentar