Jumlah Pemudik Terus Naik, Pelabuhan Merak - Bakauheni Tambah 2 Dermaga

Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Batik Coklat) saat memberikan penghargaan kepada beberapa instansi yang terlibat dan menyukseskan arus mudik 2016. (Foto: TitikNOL)
Dirut PT ASDP Indonesia Ferry (Batik Coklat) saat memberikan penghargaan kepada beberapa instansi yang terlibat dan menyukseskan arus mudik 2016. (Foto: TitikNOL)

MERAK, TitikNOL - Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dan sepeda motor saat arus mudik dan balik Idul Fitri 2016, diketahui meningkat tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. PT ASDP Indonesia Ferry pun akan segera merampungkan pembangunan dermaga VI Pelabuhan Merak yang kini belum rampung meski pasangannya di Pelabuhan Bakauheni sudah lama selesai.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama (Dirut)PT ASDP Indonesia Ferry Danang S Baskoro. Danang menargetkan dermaga VI Pelabuhan Merak akan  bisa digunakan paling lambat sebelum  arus mudik lebaran 2017 mendatang.

"Sekarang pemenang lelang untuk lanjutan pembangunan sudah ada. Tinggal tunggu pembangunannya saja  dimulainya kapan. Tapi kita minta  secepatnya dikerjakan," Kata Danang di sela-sela halal bihalal di Pelabuhan Merak, Selasa (19/7/2016).

Dermaga VI Pelabuhan Bakauheni sudah lama selesai tapi belum bisa digunakan karena pasangannya yakni  dermaga VI Pelabuhan Merak masih dibangun.

"Jadi lanjutan pembangunan dermaga VI Pelabuhan Merak ini sangat mendesak sekali. Maka dengan itu kita menargetkan dermaga VI akan rampung paling lambat sebelum arus mudik 2017," jelasnya.

Setelah rampung dermaga VI, lanjut Danang, pihaknya juga akan langsung membangun dermaga VII. "Kita maunya Pelabuhan Merak dan Bakauheni ini  masing-masing ada tujuh dermaga. Mudah-mudahan dengan jumlah dermaga itu, antrean kendaraan panjang pada saat mudik bisa diatasi," harapnya.

"Intinya kita  tidak terlalu berburu-buru untuk membangun dermaga VII. Tapi target awal kita adalah segera  merampungkan dermaga VI Pelabuhan Merak supaya secepatnya bisa digunakan," tutupnya. (Ardi/dd)

TAG asdp
Komentar