Kabupaten/Kota Diusulkan Miliki Saham di Bank Banten

Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah memberikan keterangan seusai rakor dengan direksi Bank Banten, Senin (7/11/2016). (Foto: TitikNOL)
Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah memberikan keterangan seusai rakor dengan direksi Bank Banten, Senin (7/11/2016). (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - DPRD Banten berencana membuat skema agar kabupaten/kota ikut memiliki saham di PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten. Pola yang disiapkan yaitu pemberian bantuan keuangan (bankeu) dari Pemprov Banten ke 8 kabupaten/kota.

"Kami sedang siapkan skema bantuan keuangan untuk kabupaten/kota agar bisa menyertakan modal untuk Bank Banten, kami sedang hitung," kata Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, seusai menghadiri rakor dengan direksi Bank Banten, Senin (7/11/2016).

Minimal, kata dia, anggaran yang akan digelontorkan ke kabupaten/kota sebesar Rp10 miliar.

"Nilai kita sedang hitung di Banggar. Ya, minimal 10 miliar lah, bagaimana agar kabupaten/kota untuk menanamkan sahamnya di Bank Banten," ungkapnya.

Ia mengatakan, dalam pertemuan tersebut juga dibahas mengenai regulasi yang akan disiapkan untuk peralihan kas daerah dari BJB ke Bank Banten.

"Mulai dari pergubnya harus ada, itu akan dikonsultasikan dengan Kementerian Keuangan, dengan OJK juga. Kalau sudah clear secepatnya. Ya, 2017 sudah lah itu kas daerah (ada di Bank Banten)," pungkasnya. (Kuk/red)

Komentar