Kegiatan Pariwisata Daerah Wajib Cantumkan Branding Pesona Indonesia

Peserta dari dinas pariwisata kabupaten/kota se Banten dikenalkan kunjungan destinasi wisata ke Keraton Kaibon. (Foto: Dispar)Peserta dari dinas pariwisata kabupaten/kota se Banten dikenalkan kunjungan destinasi wisata ke Keraton Kaibon. (Foto: Dispar)

SERANG, TitikNOL – Untuk meningkatkan promosi wisata yang optimal kepada publik terkait ragam wisata dan budaya daerah yang dikemas ke dalam sebuah kegiatan atau event pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Banten menghimbau kepada semua daerah diwajibkan untuk mencantumkan logo atau branding Pesona Indonesia disetiap kegiatan kepariwisataan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati, saat menyampaikan sambutan pada acara Sosialisasi Branding Pesona Indonesia di Kota Serang, Rabu (14/6/2017).

"Branding sangat membantu kita dalam mempromosikan dan membangun potensi wisata yang dimiliki. Pada aplikasinya, senantiasa bisa menggunakan platform branding tersebut dengan baik dan benar," ujarnya.

Ia menjelaskan, mitra daerah yang diharapkan dapat mengangkat potensi wisatanya bisa terus bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pusat dalam menggencarkan promosi wisata melalui branding Pesona Indonesia dan Exciting Banten sebagai branding daerah wisata Banten.

"Pelaku industri pariwisata saat ini sudah melakukan promosi wisatanya dengan cara digitalisasi sehingga bisa lebih memberikan efek yang maksimal bagi perkembangan wisata. Selain itu, peran komunitas Generasi Pesona Indonesia Banten juga sangat membantu pemerintah," katanya.

Sementara itu, Tim Percepatan Pariwisata Halal Budi Rianto Binol mengatakan, branding yang merupakan jenis kegiatan yang dikomunikasikan kepada publik dengan menunjukan identisas lembaga.

"Brand akan membantu hubungan emosional, meningkatkan loyalitas serta memberi platform untuk menyampaikan pesan dari produk yang ditawarkan," jelasnya.

Budi menambahkan, Brand yang juga merupakan prinsip pengaturan utama yang paling efektif untuk bisnis dan bisa mendorong performa, budaya, pengalaman dan aksi. Ia menghibau, agar sinergi brand dan branding pesona indonesia dapat dilakukan disemua stakeholder kepariwisataan.

"Dengan memperhatikan warna yang sesuai, supergrafik yang sama dan logo yang tepat kami harap dinas dan instansi terkait bisa menerapkannya sesuai dengan baik. Banten sudah sangat bagus memiliki branding daerah "Exciting Banten" yang bisa mengenalkan pesona wisata secara efektif," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, acara yang diikuti oleh 70 peserta dari dinas pariwisata kabupaten/kota se Banten, OPD dilungkungan Pemprov Banten, Genpi Banten dan pelaku industri pariwisata dikenalkan sekaligus melakukan kunjungan pada destinasi wisata di daerah kota serang seperti Museum Negeri Provinsi Banten, Kaibon, vihara dan Spelwijck yang akan dijadikan obyek foto wisata dan di publish ke media secara langsung. (Red)

Komentar