Kemenhub Minta Anggaran Dipangkas Rp3,75 T

Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan. (Dok: Lampost)
Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan. (Dok: Lampost)

JAKARTA, TitikNOL - Menteri Perhubungan Ignatius Jonan melakukan rapat kerja dengan Komisi V DPR RI pada Senin (13/6) sore ini. Dalam raker tersebut, Menhub, mengajukan agar anggaran institusi di bawah pimpinannya ini, dihemat sebesar Rp3,75 triliun dalam Rancangan APBN Perubahan (RAPBNP) 2016.

Menurut Jonan, pemangkasan anggaran tersebut lebih difokuskan untuk kegiatan-kegiatan operasional yang dapat diefisiensikan. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

"Adapun kami mengajukan kriteria penghematan dari perjalanan dinas dan paket meeting, langganan daya dan jasa, biaya rapat, pembangunan gedung kantor yang kami tunda kecuali pelayanan masyarakat, kendaraan dinas dan anggaran kegiatan yang belum kontrak," ujar Jonan di Gedung DPR, Jakarta.

Lanjut Jonan menjelaskan, selain anggaran yang dihemat sebesar Rp3,75 triliun, tapi juga ada pengurangan pagu pinjaman tahun ini sebesar Rp1,8 triliun. Sehingga, anggaran Kemenhub dari APBN 2016 sebesar Rp48,4 triliun menjadi Rp42,89 triliun.

Dalam rapat tersebut, Jonan juga menyampaikan bahwa dalam penyerapan anggaran belanja tahun ini, Kemenhub hingga akhir Juni telah menyerap anggaran belanja sebesar 16, 96 persen.

"Adapun penyerapan anggaran Kemenhub membaik dari tahun lalu. Kalau dilihat penyerapan di tahun lalu 7,4 persen tapi di awal Juni tahun ini sebesar 16,96 persen. Target awal itu antara 19 persen," pungkasnya.

Sebelumnya, seluruh Kementerian dan lembaga negara mengikuti instruksi Presiden Joko Widodo lewat Inpresi No 4 tahun 2016, tentang penghematan APBN. (Bara/dd)

Komentar