Kenalkan Buah dan Pangan Lokal, Pemkab Lebak Gelar Festival 'Lebak Local 4F'

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya tengah mencicipi makanan khas Lebak. (Foto: TitikNOL)
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya tengah mencicipi makanan khas Lebak. (Foto: TitikNOL)
LEBAK, TitikNOL - Pemkab Lebak menggelar Lebak Local 4F (Food, Fruits And Folks Festival), Minggu (22/12/2019). Acara tersebut digelar di Jalan RT. Nataatmaja, Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung dan bertujuan untuk mengenalkan pangan dan buah lokal Kabupaten Lebak kepada masyarakat luas.

Beberapa buah lokal yang tersebar di 28 Kecamatan di Lebak seperti pisang tanduk, dikonteskan dalam acara yang digagas Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Lebak tersebut.

"Ini salah satu cara pemerintah mengenalkan Kabupaten Lebak beserta isinya baik buah dan pangan ke masyarakat luas di kancah nasional bahkan internasional," ujar Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya.

Menurutnya, Kabupaten Lebak memiliki banyak kekayaan budaya alam, sumber pangan dan termasuk buah lokal. Namun belakangan ini buah dan pangan lokal di Kabupaten Lebak belum bisa dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal.

Seperti, jagung, ubi kayu, pisang, ganyong, talas, sukun gadung, sebut Iti, keberadaannya melimpah namun masih dipandang sebelah mata sehingga kurang perhatian dan kurang diberdayakan.

"Kita masih menganggap komoditas itu adalah merupakan inferior. Karenanya perlu mendapatkan perhatian agar keberadaanya tetap lestari," imbuhnya.

"Buah-buahan lokal juga seperti huni, jamblang, kesemek, menteng, nam-nam, lamoko sudah langka saat ini tapi bagaimana caranya kita harus perhatikan agar tetap lestari," sambungnya.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Rahmat Yuniar mengatakan, Lebak Local 4 F ini merupakan salah satu rangkaian HUT Kabupaten Lebak ke-191.

Selain memperkenalkan pangan dan buah lokal ke masyarakat luas, kata dia, acara tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan visi menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal.

"Mudahan dengan adanya food festival dan kontes buah ini dapat mendukung visi misi ibu bupati dan disetiap destinasi wisata pangan dan buah lokal menjadi unggulan kuliner dan buah tangan para wisatawan yang berkunjung ke Lebak," tandasnya.

Untuk diketahui, selain kontes buah dalam acara Lebak Local 4F juga diselenggarakan acara masak bareng Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dengan Chef Topik asal Tangerang selatan dengan bahan baku ubi jalar. (Gun/TN1)
Komentar