Kota Serang Predikat Kota Paling Kumuh Di Provinsi Banten

Tumpukan sampah terlihat di salah satu pinggir jalan di Kota Serang. (Dok: Inilahbanten)Tumpukan sampah terlihat di salah satu pinggir jalan di Kota Serang. (Dok: Inilahbanten)

SERANG, TitikNOL - Kota Serang disebut Kota paling kumuh di Provinsi Banten. Padahal Kota Serang merupakan ibu kota Provinsi Banten.

Junita Bahari Nonci, selaku Wakil ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Banten kepada TitikNOL mengatakan, kekumuhan yang terjadi di Kota Serang terlihat jelas di Kecamatan Kasemen.

"Di Banten itu yang kumuh itu Kota Serang, kemudian kekumuhan terbesar berada di Kecamatan Kasemen," kata perempuan yang sering di sapa Nita itu saat diwawancarai TitikNOL, belum lama ini.

Nita juga mengatakan, persoalan terbesar di Kota Serang yakni soal pengelolaan sampah. Menurut Nita, pengelolaan sampah harus menjadi perhatian utama Wali kota dan Wakil Wali kota yang baru.

"Perlu adanya manajemen yang baik, bagaimana menjadikan sampah bukan sebagai benda yang terbuang percuma tapi bisa bermanfaat, karena mengelola sampah itu akan menjadikan energi terbaru karena mengelola sampah akan berkaitan dengan hebit nasyarakat," ujarnya.

Kendati demikian, Nita mengatakan, ada hal yang aneh dalam pengelolaan sampah di Kota Serang, baik dari teknologi pengelolaan sampah yang belum ada sampai kepada tempat pengangkut sampah.

"Tempatnya ada berbeda organik dan non organik tapi truk sampah masih jadi satu yang sama, lalu buat apa itu dipisahkan? (Tempat pembuangan sampah)," tukasnya. (Tolib/TN1)

Komentar