Lengkapi Prasarana, 2020 Damkar akan Impor Armada dari Negeri Ginseng Sampai Negeri Tirai Bambu

Kasie Damkar Kota Serang M. Uba Agus (Kanan) saat ditemui di Kodim 0602 Serang. (Foto: TitikNOL)
Kasie Damkar Kota Serang M. Uba Agus (Kanan) saat ditemui di Kodim 0602 Serang. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Serang akan impor Armada untuk melengkapi sarana prasarana dari negara Korea Selatan, Jepang dan China pada tahun 2020.

Kasie Damkar Kota Serang M. Uba Agus mengatakan, saat ini kelengkapan pada Damkar hanya memiliki dua unit mobil damkar, dua unit mobil tengki dan satu unit mobil patroli. Hal itu dinilai masih jauh dalam kategori ideal.

"Banyak kekurangannya. Insyaallah melalui pak Wali dan pak Wakil kami sudah berkoordinasi mengirim surat ke Korea Selatan itu Provinsi Gyeonggi, dan akan dikirim surat kembali ke Jepang dan Cina sèrta ke Kemendagri," katanya saat ditemui di Kodim 0602 Serang, Senin, (9/12/2019).

Selain Armada, kata Uba, Damkar juga masih banyak kekurangan personil. Untuk meminimalisir itu, pihaknya mengaku selalu melakukan pendidikan dan pelatihan (Diklat) pencegahan serta pertolongan kepada para personil.

"Saat ini ada 2 unit damkar, 2 mobil tengki, 1 unit mobil patroli. Kami sudah mengajukan bantuan Armada dan kelengkapan. Apabila ada Armadanya otomatis personilnya akan ditambah," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Serang Subadri mengatakan, ada enam potensi bencana yang terjadi di Kota Serang. Diantaranya gempa, kebakaran, banjir, kekeringan, tanah longsor dan angin kencang.

Ia berharap, pada tahun 2020 pihaknya akan menganggarkan khusus untuk melengkapi Armada. Mengingat, Damkar harus sedini mungkin melakukan penanganan bencana dan pasca bencana.

"Damkar itu masih kurang sarana prasarana dari armada, personilnya juga masih kurang. Mudah-mudahan 2020 ini kami bisa menganggarkan untuk armada, sarana prasarana dan personilnya," katanya secara singkat. (Son/TN1)

Komentar