Menpar Desak Pemda di Banten Percepat Penlok Bandara Panimbang

Ilustrasi. (Dok: Ayobandung)
Ilustrasi. (Dok: Ayobandung)

PANDEGLANG, TitikNOL - Menteri Parawisata Arief Yahya mendesak pemerintah daerah di Provinsi Banten untuk segera mempercepat penetapan lokasi (Penlok) Bandara Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Sebab menurutnya, dalam upaya meningkatkan parawisata di Banten khususnya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, perlu ditopang dengan infrastruktur yang baik. Maka itu, pembangunan Bandara Panimbang dan tol Serang-Panimbang menjadi kunci utama dari target tersebut.

"Infrastruktur yang penting, akses jalan dan pembangunan bandara. Ini bisa meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman)," kata Arief saat menghadiri Festival Tanjung Lesung, Pandeglang, Jumat (28/9/2018).

Diungkapkan Arief, pihak Kemenpar sempat mengirimkan surat ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mempercepat proses pembangunan bandara.

"Saya sudah kirimi surat Menhub, namun belum sakti. Maka itu pemda juga harus ikut mendorong dan terus berkoordinasi," ungkapnya.

Selain infrastruktur, lanjut Arief, budaya Banten perlu menjadi sorotan penting. Sektor itu diyakini bisa menjadi daya tarik wisman saat berkunjung untuk melihat budaya dan tradisinya.

"Penampilan budaya, dan atraksi-atraksi kelas dunia pun merupakan hal yang sangat penting," lanjutnya.

Maka itu, ia berharap baik pemerintah provinsi bersama Pemkab Pandeglang bisa bersatu untuk meningkatkan wisata di Banten. "Demi kemajuan, Banten harus bersatu," tegasnya. (Gat/TN3)

Komentar