Hari Pendidikan Nasional

Menristek: Pelajar Diminta Lebih Inovatif dan Kompetitif

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir. (Dok:net)Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir. (Dok:net)

JAKARTA, TitikNOL - Memperingati Hari Pendidilan Nasional (HARDIKNAS), Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir meminta para pelajar ataupun para penempuh pendidikan untuk mampu mengembangkan cara belajar dan daya pikir yang bersaing.

“HARDIKNAS kita peringati bukan hanya untuk mengenang jasa Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia dan seluruh pejuang pendidikan. Namun, untuk merefleksikan tentang beragam upaya yang telah dan sedang kita lakukan dalam menjalankan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia,” ungkapya.

Ia melanjutkan, perjalanan tersebut menjadi tonggak untuk upaya selanjutnya dalam memberikan layanan pendidikan tinggi berkualitas bagi putra dan putri bangsa, menciptakan SDM IPTEK Indonesia yang terampil dan meningkatkan kapasitas penciptaan.

Baik beragam inovasi dan teknologi yang berdaya saing industri, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

“Makanya, dalam bingkai pikir tersebut, HARDIKNAS kali ini kita peringati dengan tema 'Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif'. Tema tersebut merupakan seruan bagi seluruh kalangan pendidikan tinggi dan perguruan tinggi untuk melakukan reformasi pendidikan tinggi, sebagaimana telah dimulai oleh Bapak Pendidikan kita,” tuturnya.

Ia juga ingin, melalui pendidikan tinggi, bisa mempersiapkan SDM IPTEK yang akan bersaing dalam pasar kerja nasional maupun internasional, serta akan memenuhi beragam tempat kerja.

"Bagaimana mungkin lulusan kita akan memiliki kompetensi untuk bekerja di dunia abad 21, jika penyelenggaraan pendidikan tinggi kita masih sama seperti abad 19," pungkasnya. (Meghat/red)

Komentar