Minim SDM, Proses Rekomendasi Usaha Tambang Lambat

IlustrasiIlustrasi

SERANG, TitikNOL - Akibat minimnya sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Dinas Pertambaangan dan Energi (Distamben) Provinsi Banten, proses pemberian rekomendasi izin untuk usaha pertambangan berjalan lambat. 

Kepala Distamben Banten Eko Palmadi, mengatakan, saat ini Distamben Banten membutuhkan sekitar sepuluh SDM yang memiliki kemampuan di bidang geologi. Berdasarkan amanah Undang-undang 23 soal pengalihan wewenang, membuat beban kerja bertambah namun SDM tidak bertambah.

“Minimal kami membutuhkan 10 SDM yang memiliki kompetensi di bidang geologi. Saat ini SDM yang ada lebih banyak memiliki kompetensi geodesi (cabang ilmu pemetaan bumi),” kata Eko, Jumat (22/1/2016).

Ia mengaku, saat ini untuk menjalankan program kerja khususnya mengenai pengawasan dan persoalan teknis di lapangan, masih dilakukan oleh bagian administrasi. Padahal petugas di lapangan harus paham persoalan regulasi dan lain-lain.

“SDM di lapangan harus paham regulasi paham kondisi batas, lingkungan dan merfologi. Dalam memberikan rekomendasi izin itu kan ada proses, kroscek di lapangan, nah itu kan harus orang yang mengerti sesuai kompetensinya. Dengan kondisi seperti ini ya prosesnya agak lambat memang,” ujarnya. (Kuk/Red)

Komentar