Miris! Mayoritas Warga Miskin Berasal Dari Banten Selatan

Foto ilustrasi kemiskinan. (Dok:net)
Foto ilustrasi kemiskinan. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL - Sebanyak 2. 384.386 orang di Banten, dari jumlah total penduduknya 11 juta jiwa, berada di bawah garis kemiskinan. Dari angka tersebut, mayoritas berasal dari wilayah Banten Selatan yaitu Pandeglang dan Lebak.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Banten mengatakan itu adalah pekerjaan rumah (PR) Pemerintah Daerah dalam menanggulangi kemiskinan dan Banten memiliki kemiskinan yang terstruktural.

“Ini sebuah tamparan untuk pemerintah daerah baik kabupaten/kota, bagaimana sama-sama  menanggulangi kemiskinan yang mencapai dua juta warga Banten. Berarti ini kan sudah mencapai 20 persen dari jumlah penduduk Banten yang mencapai lebih dari sepuluh juta penduduk,” kata Ketua DPRD Banten, Asep Rahmatullah kepada wartawan, Kamis (31/3/2016).

Ia menyampaikan, untuk menanggulangi harus dilakukan terobosan program yang baru dengan sistem perencanaan dan penganggaran yang matang.

“Ini harus ditindak lanjuti dengan program penganggaran bagaimana tingkat kemiskinan itu bisa tertanggulangi. Soalnya, ketika perencanaan dan penganggaran di kabupaten kota ini salah, maka lahirnya Anggaran APBD akan melahirkan kemiskinan yang terstruktur,” tuturnya. (Dede/red)

Komentar