Nahkodai Kadin Kota Serang, Kevin Fokus Lakukan Pemetaan Komoditi UMKM

Pimpin Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Serang periode 2019-2014, Kevin Harinussa saat di wawancarai sejumlah awak media. (Foto: TitikNOL)Pimpin Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Serang periode 2019-2014, Kevin Harinussa saat di wawancarai sejumlah awak media. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pimpin Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Serang periode 2019-2014, Kevin Harinussa akan fokus membawa paradigma kewirausahaan sebagai penguatan ekonomi.

Ia mengatakan, ekonomi kreatif di Kota Serang harus digalakan dengan inovasi yang produktif, agar dapat menuntaskan angka pengangguran di Kota Serang yang notabene didominasi oleh kaum milineal.

"Pertama mengumpulkan data komoditi yang besar dan UMKM. Saya ingin memberikan pelatihan sampai selesai sampai pemasaran dari produk," katanya saat ditemui seusai pelantikan di Pokel Garden Serang, Kamis, (14/11/2019).

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang jangan berharap lebih pada penyerapan industri dalam menuntaskan pengangguran.

Menurutnya, pelatihan dan pendampingan terhadap pelaku usaha adalah solusi terbaik untuk memasarkan produk lokal Serang.

"Yang harus diutamakan meningkatkan peningkatan kualitas UMKM kita. Bagaimana memberikan kualitas baik dengan harga murah, agar bisa eksodus mengambil peluang usaha di luar daerah," terangnya.

Kevin meyakini, bahwa roda perekonomian Kota Serang dalam industri kreatif akan mendongkrak angka pengangguran. Sebab, keberagaman potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Kota Serang dapat membawa kesejahteraan apabila dapat dikelola dengan apik.

"Ekonomi kreatif harus menjadi rujukan, sehingga penuntasan pengangguran bisa diselesaikan. Karena kalau menunggu penyerapan pabrik saya kira itu bukan solusi," ujarnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Serang Syafrudin, mengaku menaruh harapan besar kepada Kadin dalam mengembangkan industri kreatif di Ibu Kota Banten.

Ia juga meminta Kadin agar cepat bergerak dalam melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha menengah ke bawah supaya dapat bersaing dan menciptakan produk lokal yang diminati oleh orang banyak.

"Saya berharap Kadin bisa sinergi dengan Pemkot. Karena masih banyak UMKM dan Koperasi yang belum terbina. Dengan terbentuknya Kadin ini bisa mengurangi angka pengangguran. Bisa mengarahkan pengusaha Serang ini bisa diarahkan oleh Kadin agar bisa bersaing dengan produk lain," tuturnya. (Son/TN1)

TAG kadin
Komentar