Pantau Jalur Mudik, Dishub-Polda Siapkan 20 CCTV

Kepala Dishub Provinsi Banten Revri Aroes saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: TitikNOL)Kepala Dishub Provinsi Banten Revri Aroes saat memberikan keterangan kepada wartawan. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pemprov Banten mulai melakukan persiapan menghadapi arus mudik lebaran 1438 H. Salah satunya Dinas Perhubungan (Dishub) bekerja sama dengan Polda Banten yang menyiapkan 20 unit kamera pemantau atau CCTV yang akan ditempatkan di titik-titik rawan macet.

“Tim gabungan Polda dan Dishub menyiapkan 20 unit CCTV. Sepuluh dari Dishub, sepuluh lagi dari Polda,” kata Kepala Dishub Provinsi Banten Revri Aroes, setelah rapat koordinasi dengan Komisi IV DPRD Banten, KP3B, Kota Serang, Selasa (6/6/2017).

Ia menjelaskan, kekuatan personel untuk menghadapi arus mudik lebaran tahun ini lebih dari 2.000 personel Polda Banten dibantu TNI dan instansi lainnya. Sementara, Dishub total 560 personel dari kabupaten/kota.

"Nanti ada pengawalan pemudik kendaraan bermotor dari Cikande sampai Pelabuhan Merak," ujarnya.

Secara umum, kata dia, Banten sudah siap menghadapi arus mudik lebaran 1438 H. “Secara keseluruhan kami sudah siap, mudah-mudahan di hari H semuanya berjalan baik,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Banten, Toni Fathoni Mukhson meminta Dishub mengantisipasi ruas jalan yang kerap dijadikan pasar tumpah. Sebab, menjadi langganan kemacetan dan semerawut sehingga mengganggu pemudik.

“Kalau pasar tumpah itu macetnya bisa sampai lima jam itu. Makanya ini perlu pengawasan, dilakukan rekayasa lalu lintas,” tukas Toni. (Kuk/red)

Komentar