Pasien Virus Corona Melonjak, Dinkes Banten Siapkan 27 Ruang Isolasi

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti. (Foto: TitikNOL)
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Jumlah pasien positif virus Corona dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Banten kian hari semakin melonjak. Hingga kini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) memberikan informasi 20 warganya yang terjangkit Covid 19, Kamis, (19/03/2020).

Demi mencegah penyebaran wabah yang berasal dari Wuhan, China, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan kapasitas tempat tidur dalam ruang Isolasi sebanyak 27.

Jumlah itu akan tersebar di lima Rumah Sakit (RS) rujukan Covid 19. Berdasarkan yang ada, fasilitas ruang Isolasi saat ini hanya tersedia delapan tempat tidur di dua RS rujukan.

"Ruang Isolasi rencananya 5 RS, 2 sudah ada, 3 akan menyusul. Totalnya ada 27 ruang Isolasi," katanya kepada awak media.

Apabila kondisi nanti semakin melonjak, kata Ati, upaya yang akan dilakukan oleh Dinkes adalah menjadikan satu RS rujukan Covid 19 khusus untuk mengisolasi pasien.

"Nanti kasus ini ada kelonjakan, hanya 8 ruang Isolasi kami akan jadikan 1 RS jasa ruang Isolasi," terangnya.

Menurutnya, Dinkes Banten saat ini sedang fokus pada kelengkapan fasilitas medis untuk menangani pasien. Hal ini dilakukan sebagai upaya memeberikan maksimal kepada warga Banten yang terpapar atau terindikasi virus Corona.

"Barang yang kami pesan kemungkinan datang senin dan langsung kami distribusikan. Ada hemafilter, ventilator, said monitor, skriningpam, banyak dan terutama APD," tukasnya. (Son/TN1)

Komentar