Senin, 22 Juli 2024

Pastikan Pilkada 2018 di Banten Aman, Kompolnas Kunjungi Polda

Foto: Istimewa.
Foto: Istimewa.

SERANG, TitikNOL - Dalam rangka memastikan pilkada 2018 di wilayah hukum Provinsi Banten aman, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kunjungi Mapolda Banten, Kamis (22/2/2018).

Kunjungan dipimpin langsung oleh Ketua TIM Kompolnas Irjen Pol Purn Bekto Suprapto dan dihadiri penyelenggara pilkada seperti Bawaslu dan KPU Provinsi Banten.

Dalam pertemuan itu, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, memaparkan bahwa Polda Banten dan Bawaslu telah melakukan sosisialisasi pilkada damai yang dilakukan dengan deklarasi para paslon kepala daerah.

"Polda Banten juga siap memberikan pengamanan dalam rangka pemilu kada yang di back up oleh 2/3 kekuatan TNI. Disamping itu Polda Banten juga telah membuat Aplikasi e Gakumdu dan E quik account," kata Kapolda.

Kapolda menjelaskan, E Gakumdu adalah salah satu terobosan Polda Banten untuk memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat, jika melihat adanya pelanggaran dan untuk menekan adanya kecurangan.

"Kalau e Quick account untuk menghitung cepat dalam rangka mengantisipasi jika terjadi kekisruhan dalam penghitungan suara. Tetapi semua perhitungan mengikuti yang dikeluarkan oleh KPU," jelasnya.

Sementara itu, Ketua TIM Kompolnas Irjen Pol Purn Bekto Suprapto menegaskan, bahwa Polri harus melaksnakan tupoksinya sesuai dengan Undang-Undang.

"Harus mampu meberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat dalam pelaksanaan pilkada 2018," singkatnya. (Gat/TN1)

Komentar