Pekan Depan, 2.000 Warga Baduy Lakukan Seba Baduy

Ilustrasi warga suku Baduy saat melakukan tradisi Seba Baduy. (Dok:net)Ilustrasi warga suku Baduy saat melakukan tradisi Seba Baduy. (Dok:net)

SERANG, TitikNOL – Ritual tahunan Seba Baduy rencananya akan digelar pada pekan depan yakni pada 28 – 30 April 2017 mendatang.

Sebanyak 2.000 masyarakat suku Adat Baduy, direncanakan akan mendatangi Muisum Banten di kawasan Alun-alun Kota Serang, untuk menggelar upacara adat Seba Gede.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, terkait acara Seba Baduy, pihaknya sudah berkordinasi dengan Pemkab Lebak. Dirinya juga memastikan, jika Pemprov Banten sudah siap melaksanakan Seba Baduy.

"Pelaksanaannya kita sudah melakukan pertemuan dengan Kabupaten Lebak dan kita sudah siap melaksanakan ritual tahunan yang menajdi simbol kearifan Banten," katanya ditemui di kantornya, Rabu (19/4/2017).

Eneng menjelaskan, 2.000 masyarakat Baduy akan mengikuti ritual tahunan untuk bertemu bapak Gede (Kepala Daerah Provinsi Banten), yang akan dimulai di Pemkab Lebak bertemu dengan Bupati Lebak.

"28 April nanti mulai berangkat menuju Pemkab Lebak dan nanti 29 April baru mereka akan menuju Museum Banten untuk melakukan ritual seba atau sering disebut ritual penyerahan hasil bumi untuk bapak gede (Gubernur Banten)," jelasnya.

Adapun kegiatan yang akan digelar dalam acara tersebut, lanjut Eneng, akan ada jelazah sepeda dari komunitas sepeda dan masyarakat yang akan mendampingi masyarakat Baduy menuju Serang.

"Komunitas dan masyarakat merencana melakukan jelajah sepeda ikut mengantarkan masyarakat Baduy. Dan nanti juga akan ada pameran seni lukis," pungkasnya. (Gat/red)

Komentar