Pelindo II - Pemkot Cilegon Kerjasama Bangun Pelabuhan Warnasari

General Manajer (GM) PT. Pelindo II Banten, Chiefy Adi Kusumargono. (Foto:TitikNOL)
General Manajer (GM) PT. Pelindo II Banten, Chiefy Adi Kusumargono. (Foto:TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Draf Nota Kesepahaman kerjasama rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari telah diserahkan Pelindo II Banten kepada Pemkot Cilegon. Draft itu  akan menjadi acuan untuk menjalin keseriusan kerjasama dalam membangun pelabuhan di luas lahan 45 hektar yang ada di Kelurahan Warnasari, Kecamatan Citangkil tersebut.

"Draft sudah kami  serahkan. Tinggal nanti Pemkot Cilegon untuk mengoreksinya."Ujar General Manajer (GM)  PT. Pelindo II Banten, Chiefy Adi Kusumargono kepada awak media di kantornya, Rabu (16/3/2016).

Chiefy mengatakan, setelah draft dilakukan kajian dan analisa serta  telah dikoreksi, maka  kedua pihak nantinya akan menandatangani nota kesepahaman bersama.

"Mou sudah ditandatangani. Baru kita  membentuk tim dengan melibatkan Pemkot Cilegon dalam membuat analisa kelayakan bisnis dalam membangun kerangka Pelabuhan Warnasari," tambahnya.

Ia juga menyampaikan, tim akan gambar layoutnya, kemudian juga menyiapkan DED nya, "Kita juga buat feasibility studynya, kemudian kita urus perijinan," jelasnya.

Setelah  itu, kata Chiefy, pihaknya  akan mulai memperhitungkan seberapa besar modal yang akan disertakan dalam kerjasama yang dibuat tentunya nanti akan menentukan porsi pembagian saham kedua pihak. 

Prinsipnya, Pelindo tetap mendukung adanya skala prioritas saham mayoritas yang diinvestasikan pemerintah daerah ketimbang Pelindo, walaupun nilai yang diinvestasikan tidak sedikit akan dikeluarkan untuk pembangunan pelabuhan.

"Pelabuhan Warnasari nanti nilainya akan di appraisal, pemda penyediaan lahan dan akses road, kemudian akan dihitung nilai berapa. Lalu kami membuat kajian mulai dari nilai pembangunan dermaga, alat dan sistemnya, lalu kita hitung itu berapa yang nanti akan dikonversi dalam bentuk saham" tutupnya. (Ar/red)

Komentar