Selasa, 25 Juni 2024

Pemkot Cilegon Wacanakan Situ Rawa Arum Jadi Destinasi Wisata

Wali Kota Cilegon Helldy Agustian bersih-bersih Situ Rawa Arum. (Foto: TitikNOL)
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian bersih-bersih Situ Rawa Arum. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Pemkot Cilegon bersama Forkopimda dan LSM Gappura Banten adakan kegiatan bersih-bersih di Situ Rawa Arum yang berlokasi di Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Gerogol, Kamis (4/8/2022).

Melalui kegiatan bersih-bersih tersebut, Pemkot Cilegon ke depan mewacanakan untuk menjadikan Situ Rawa Arum sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Baja.

"Kami sangat mengapresiasi, alhamdulillah hari ini disaksikan langsung oleh Ibu Kajari, Pak Danlanal, serta LSM Gappura Banten, dimana kita berkolaborasi dengan masyarakat sekitar dalam rangka membersihkan Situ Rawa Arum dari sampah-sampah," kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian.

Wali Kota menyampaikan, menjadikan Situ Rawa Arum sebagai destinasi wisata merupakan impian masyarakat khususnya di Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Gerogol.

"Kali ini kita ingin mewujudkan juga, Insya Allah tempat ini sebagai tempat destinasi wisata di Cilegon, di Situ Rawa Arum. Tentunya ini adalah dream (mimpi) masyarakat Rawa Arum," ujarnya.

Wali Kota menuturkan, Pemkot Cilegon nantinya akan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Banten untuk mewujudkan impian menjadikan Situ Rawa Arum sebagai destinasi wisata.

Hal itu, lanjut Helldy, untuk meningkatkan PAD Kota Cilegon, serta peningkatan perekonomian masyarakat sekitar.

"Kalau kita punya kan tadi sudah disampaikan 8,2 hektare. Apakah nanti kita akan bekerjasama, apakah nanti provinsi akan beli, apakah nanti bekerjasama, kan sebelah-sebelah ini masih kosong. Tadi kemarin sih kita melihat bisa di angka 15 hektare ya," tuturnya.

Situ Rawa Arum sendiri diketahui saat ini dikelola secara swadaya dan mandiri oleh LSM Gappura Banten sebagai bentuk kepedulian dan pelestarian lingkungan.

Sementara itu, Ketua LSM Gappura Banten, Husen Saidan mengaku bersyukur dengan wacana tersebut. Namun demikian, Husen berharap Pemkot Cilegon dapat merealisasikan wacana tersebut.

"Kami sangat bersyukur dengan perhatian pemerintah, akan tetapi kami harap itu bukan hanya sekedar janji manis semata. Karena sekarang kita bisa lihat, Situ Rawa Arum yang tadinya hanya sekitar 4 hektar, sekarang lahannya sudah sampai 8,2 hektar. Jadi destinasi wisata Situ Rawa Arum ini memang harus diwujudkan agar masyarakat Cilegon memiliki ikon dan kebanggaan," ungkapnya. (Ardi/TN3).

Komentar