Pemkot Serang Bakal Sulap Pasar Lama Jadi Destinasi Kuliner

Kepala Dinkopukmperindag Kota Serang Wahyu Nurjamil. (Foto: TitikNOL)
Kepala Dinkopukmperindag Kota Serang Wahyu Nurjamil. (Foto: TitikNOL)

SERANG, TitikNOL - Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Dinkopukmperindag) Kota Serang bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) perwakilan Banten akan menyulap Pasar Lama menjadi zona khas destinasi wisata kuliner halal, aman dan sehat.

Kepala Dinkopukmperindag Kota Serang Wahyu Nurjamil mengatakan program pemerintah zona khas destinasi wisata kuliner halal, aman dan sehat ini bakal dilakukan pada November ini.

"InsyaAllah bulan November ini sudah bisa kita saksikan bahwa di Pasar Lama itu akan menjadi destinasi wisata untuk kuliner halal, aman dan sehat yang itu isinya dari pedagang yang berjualan di Pasar Lama," kata Wahyu usai rapat bersama Wali Kota Serang Syafrudin, Selasa (31/10/2023).

Nantinya, pedagang-pedagang makanan yang ada saat ini, seperti seperti bubur setan, empal, bubur sum-sum, nasi goreng Mang Kabul dan lainnya akan mengisi area lorong di pasar lama.

“Sudah kita bentuk paguyuban yang kita akan masukan ke lorong Pasar Lama setelah perbaikan nantinya,” lanjutnya.

Saat ini total pedagang yang dibina oleh Dinkopukmperindag Kota Serang sebanyak 25 pedagang. Namun, jika nanti setelah diresmikan ada pedagang yang ingin berjualan dengan mengusung kuliner khas Kota Serang bisa mendaftarkan diri Dinkopukmperindag Kota Serang.

"Nanti kami (Dinkopukmperindag Kota Serang) yang akan menyiapkan tempatnya, Pasar Lama itu kan luas, jadi nanti akan menjadi satu kesatuan. Pedagang kelapa khusus dan pedagang durian juga khusus," lanjutnya.

Sedangkan untuk pedagang yang berada dibadan jalan yang menjadi kewenangan Dinas Perhubungan Kota Serang, seperti pedagang kelapa dan durian, Dinas Perhubungan dan Satpol PP akan melakukan penindakan untuk dilakukan pembersihan.

"Kami juga akan bekerjasama dengan Dishub dan Satpol PP untuk pembersihan karena itu ranahnya Dishub yang mana pedagang ini memakai bahu jalan, tempat parkir," sambungnya.

Untuk persiapan pelaksanaannya, masih dikatakan Wahyu Nurjamil, pihaknya akan melakukan tahapan-tahapan persiapan seperti pelatihan para pedagang sampai pelatihan pengemasan.

"Hari Senin ini akan mulai aksi, akan melakukan tahapan-tahapan persiapan seperti pelatihan para pedagang sampai pelatihan pengemasan. Nanti Dinas PU akan memperbaiki gorong-gorong dan lainnya. InsyaAllah bulan November sudah bisa dilaksanakan," katanya.

Sedangkan untuk anggarannya, pihaknya melakukan kerjasama antara Pemkot Serang dan BI perwakilan Banten."Nanti BI seperti tenda dan lainnya, kalau dari kami seperti ornamen lampu dan lainnya. Jadi kita bersinergi dengan BI dan Dinas PU," pungkasnya. (TN)

Komentar