Pemprov Banten Jadikan Momentum HKN untuk Tingkatkan Akses dan Mutu Pelayanan Kesehatan

Gubernur Banten, Wahidin Halim. (Dok: Kompas)Gubernur Banten, Wahidin Halim. (Dok: Kompas)

SERANG, TitikNOL - Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 tahun 2019, dimaknai oleh Pemerintah Provinsi Banten dengan melakukan optimalisasi akses, pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan.

Dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten dr. Ati Pramudji Hastuti, pencapaian misi di bidang kesehatan di Provinsi Banten dilakukan dengan berbagai cara, yakni Pembangunan Rumah Sakit Jiwa, Pembangunan Rumah Sakit di Cilograng, pengembangan Rumah Sakit Umum Banten dan Rumah Sakit Malingping.

Selain itu lanuut dr. Ati, Pemprov Banten juga akan meningkatkan mutu pelayanan dan pemenuhan tenaga kesehatan untuk Puskesmas yang ada di wilayah Banten.

"Upaya lainnya, peningkatkan mutu pelayanan juga terus dilakukan dengan pemenuhan tenaga kesehatan daerah untuk puskesmas yang ada di wilayah Banten serta peningkatan mutu pelayanan kesehatan dasar maupun rujukan," kata dr. Ati kepawa wartawan, Selasa (12/11/2019).

Di sisi lain, Pemprov Banten melalui Dinas Kesehatan fokus menekan angka penyakit di masyarakat. Berbagai program sudah dilakukan seperti Gerakan Banten eliminasi TBC, malaria dan campak rubella, gerakan Banten cegah stunting, gerakan Banten bebas pasung serta upaya pemenuhan jaminan kesehatan masyarakat miskin yang ada di Provinsi Banten.

"Pak Gubernur dan Wakil Gubernur sudah jelas intruksinya kita (Dinkes, red), bahwa pelayanan kesehatan masyarakat di Provinsi Banten harus menjadi skala prioritas. Hal itu sejalan dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Banten di bidang kesehatan," tukasnya. (Red)

Komentar