Penangkapan Kelompok Bersenjata Din Minimi Redam Konflik

Jakarta, TitikNOL - Wakil Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Torry Djohar mengklaim kinerjanya yang dapat membujuk kelompok bersenjata Din Minimi bisa meredam konflik di Aceh.

Untuk itu, Torry meminta agar kelompok bersenjata Din Minimi diberikan amnesti. "Gerakan Din Minimi ada kaitannya dengan konflik GAM. Bila kondisinya berlarut dapat picu konflik GAM dengan polisi," ujar Torry saat rapat gabungan dengan Komisi I dan Komisi III di Gedung DPR, lll Jakarta, Senin (15/2/2016).

Selain itu juga, Tory menjelaskan kelompok bersenjata Din Minimi bukan lah kelompok separatis. Tetapi kelompok tersebut ada masalah dengan eks elit GAM yang kini menjadi pimpinan di pemerintahan Aceh.

Tak hanya itu, penyerahan Din Minimi juga diserati tuntutan yang masih bisa dipenuhi oleh pemerintah Indonesia. Tuntutan itu seperti perhatian kepada anak yatim piatu anggota GAM, penyelidikan penyelewengan APBN di Aceh dan juga amnesti.

"Menyangkut pemenuhan terhadap tuntutan ke enam (amnesti) dilakukan kajian mendalam dari kajian hukumnya," ungkap Torry. (Bar/red)

Komentar