Pendapatan PT PCM Meningkat, Plt Wali Kota Cilegon: Harus Lebih Agresif Lagi

Plt Wali kota Cilegon Edi Ariadi, saat memberikan keterangan kepada wartawan usai menggelar RUPS PT PCM di Hotel Grand Mangku Putra Cilegon. (Foto: TitikNOL)Plt Wali kota Cilegon Edi Ariadi, saat memberikan keterangan kepada wartawan usai menggelar RUPS PT PCM di Hotel Grand Mangku Putra Cilegon. (Foto: TitikNOL)

CILEGON, TitikNOL - Plt Wali Kota Cilegon Edi Ariadi, meminta agar PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) lebih agresif lagi dalam meningkatkan pendapatan.

Hal itu dikatakan Edi, usai menghadiri acara Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan, yang digelar di Hotel Grand Mangku Putra, Jumat (13/4/2017) sore kemarin.

"Ternyata walaupun banyak riak-riak gelombang, alhamdulillah kita masih ada keuntungan jasa pandu dan tunda yang lebih daripada tahun 2016 yang lalu," kata Edi Ariadi kepada wartawan.

Edi mengungkapkan, meningkatnya pendapatan PT PCM itu menyusul tingginya kepercayaan para agen-agen pelayaran dan agresifnya manajemen PT PCM.

"Pergerakan kapal kita di tahun 2017 itu makin tinggi, ada semacam kepercayaan dari agen. Agen percaya sama kita, kita juga tidak bertele-tele. By phone juga jalan gitu loh. Mereka juga membandingkan antara pelayanan oleh Pelindo dengan kita. Dan kemudian kita juga tidak bertumpu pada Pelindo dan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS)," jelas Edi.

"Karena kita juga melayani TUKS-TUKS di luar Pelindo dan KBS. Intinya kita makin agresif ya untuk melayani agen-agen," ujarnya.

Di tempat yang sama, Direktur Operasional dan Komersil PT PCM Akmal Firmansyah mengungkapkan, pada tahun 2017 pihaknya telah membukukan pendapatan kurang lebih Rp114,6 miliar atau mengalami peningkatan Rp16,2 miliar dari pendapatan di tahun 2016 yakni Rp98,4 miliar.

"Otomatis dengan meningkatnya pendapatan perusahaan, laba bersih juga terjadi peningkatan. Ada peningkatan sekitar 8 persen dari sebelumnya yakni sekira Rp25 miliar dan sekarang laba bersihnya itu sekira Rp29,9 miliar," jelasnya.

Akmal menambahkan, tidak hanya pendapatan dan laba bersih yang mengalami peningkatan, sumbangsih PT PCM kepada PAD Kota Cilegon juga mengalami kenaikan.

"Kemudian sumbangsih kita, dividen kita kepada PAD Kota Cilegon ada kenaikan dari Rp6,8 miliar menjadi Rp7,2 miliar," ungkapnya.

"Jadi intinya, RUPS yang kita lakukan itu diterima oleh pemegang saham dan komisaris. Perlu diketahui juga bahwa kita (PT PCM) diaudit oleh auditor yang independen yakni Wendra McMillan Woods dengan predikit wajar tanpa pengecualian (WTP)," tukasnya. (Ardi/TN1).


Komentar